Presiden Joko Widodo akan membuka langsung PKN 2021
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid mengatakan
Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang diselenggarakan secara virtual akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (19/11) malam.

“Presiden Joko Widodo akan membuka langsung PKN 2021," ujar Hilmar Farid di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan sejumlah kegiatan telah dipersiapkan di PKN 2021, yang dimulai 19 November hingga 26 November 2021 tersebut.

Hilmar menambahkan PKN 2021 mengangkat tema "Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan”, khususnya yang berkaitan dengan kehebatan kearifan lokal pada sandang, pangan dan papan.

Baca juga: PKN 2021 ajak masyarakat kenali jati diri bangsa

"Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program yang berupa kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah,” tambah dia.

Hilmar menambahkan PKN 2021 berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan PKN dari setiap tahunnya memberikan terobosan yang menarik, meskipun di tengah pandemi COVID-19.

"PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial kebudayaan,” kata dia.

Baca juga: PKN 2021 angkat tema "Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan"

Dia berharap PKN yang fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya bisa menjadikan tayangan edukatif tentang kecerlangan budaya Nusantara, begitu juga referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya Nusantara, tentunya dengan kemasan berbeda dari tahun sebelumnya.

"Karena di Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19 maka seluruh produksi sepenuhnya dilakukan secara daring, tanpa mengubah substansi konten dari konsep kuratorial," lanjut Hilmar.

Dalam kegiatan PKN 2021, ditunjuk beberapa dewan kurator dalam PKN 2021, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan.

Salain itu PKN melibatkan insan-insan kreatif seperti Riri Reza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subyakto, lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, Raymond Ahari.

Baca juga: Kemendikbud masukkan digitalisasi pendidikan dalam subtema PKN 2021

Di sisi lain kegiatan yang sudah dipersiapkan, lanjut Hilmar yakni kearifan lokal di Sumba Timur, yaitu daerah dengan kekayaan kearifan lokal dan tradisi budaya yang luar biasa.

Pembukaan PKN 2021 mengangkat tema “Napas Jiwa” karya Rama Soeprapto yang disutradarai oleh Jay Soebijakto dan koreografi oleh Atilah Soeryadhaya. Tema itu merupakan respons terhadap situasi yang berangsur membaik.

Rangkaian acara Pekan Kebudayaan Nasional 2021 di Indonesiana.tv atau langsung cek PKN.ID. Selain itu juga bisa disaksikan melalui TVRI pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Baca juga: Kemendikbudristek-Telkom tingkatkan digitalisasi kampus lewat TeSCA

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021