Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama RSU Puri Raharja Gede Bagus Darmayasa mengatakan pihaknya terus memastikan peserta JKN-KIS terlayani secara optimal sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“RSU Puri Raharja telah mengaktifkan kembali pendaftaran dengan sidik jari untuk peserta hemodialisa di RSU Puri Raharja sejak 7 November 2021, tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan sesuai standar,” kata dia dalam keterangan tertulis BPJS Kesehatan yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS tanpa diskriminasi harus dipegang teguh oleh seluruh komponen rumah sakit.

Pihaknya telah mengoptimalkan layanan digital untuk memudahkan peserta JKN-KIS mengakses layanan kesehatan.
 
Rumah sakit juga akan memastikan waktu praktik dokter, sesuai aturan yang ditetapkan, yakni selama delapan jam sehari sehingga bisa melayani peserta JKN-KIS.

Baca juga: BPJS Kesehatan raih penghargaan di kompetisi inovasi pelayanan publik

Ia mengatakan sistem antrean daring milik Rumah Sakit Umum Puri Raharja sudah terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN dengan harapan mampu memangkas waktu tunggu peserta saat memperoleh pelayanan kesehatan.

"Di RSU Puri Raharja juga telah ada Petugas BPJS SATU! yang berkolaborasi dengan PIC rumah sakit dalam pemberian layanan informasi dan pengaduan dari peserta. Keberadaan petugas BPJS Kesehatan di RS ini sangat membantu pasien JKN-KIS yang memerlukan informasi maupun hendak melakukan pengaduan pelayanan," kata dia.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengapresiasi rumah sakit yang terus berusaha meningkatkan kenyamanan dan kepuasan peserta JKN-KIS.

“Salah satu hal yang tidak kalah penting dengan implementasi antrean online di rumah sakit adalah ketersediaan tempat tidur. Ketersediaan tempat tidur di RSU Puri Raharja pun telah terintegrasi secara real time pada aplikasi Mobile JKN,” ucap dia.

Ia menjelaskan kepuasan peserta JKN-KIS tak lepas dari peran rumah sakit selaku provider BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, dia juga berharap, pelayanan kesehatan RSU Puri Raharja dapat terus ditingkatkan.

“Kami berharap performa RSU Puri Raharja dalam melayani peserta JKN-KIS bisa terus ditingkatkan,” kata dia.

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan tinjau layanan digital di Kalimantan
Baca juga: BPJS Kesehatan dorong kreativitas untuk hadirkan inovasi

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021