Jakarta (ANTARA News) - Inggris kembali menjual salah satu kapal perangnya secara online. Kali ini kapal induk HMS Ark Royal yang dijual melalui laman lelang kementerian pertahanan negeri itu, demikian lapor BBC.

HMS Ark Royal telah beroperasi selama 25 tahun dan baru dua minggu menerima status pensiun sebagai bagian dari kebijakan penghematan anggaran pemerintah Inggris.

Beberapa penawaran memang telah diterima oleh pemerintah Inggris, antara lain tawaran untuk menjadikan kapal induk itu sebagai landasan helikopter komersial dan markas pasukan khusus untuk mengamankan Olimpiade London.

Selain itu masih ada dua tawaran unik dari China. Yang pertama ingin menjadikannya sekolah terapung. Tawaran yang kedua, ingin menjadikan kapal induk itu klub malam terapung.

Tetapi ada juga yang hanya ingin mempreteli logam-logam bekas dari kapal perang raksasa itu seperti kapal sebelumnya, HMS Invicible, yang telah dipreteli di sebuah bengkel kapal di Turki.

HMS Ark merupakan kapal induk Inggris yang turut dalam operasi militer di Irak.

Mereka yang berminat membeli kapal induk itu diundang untuk melihat kondisi kapal itu di basis angkatan laut Portsmouth, Inggris, tanggal 3 hingga 4 Mei mendatang.

Iklan pelelangan kapal itu bisa dilihat di www.edisposals.com, laman lelang resmi milik kementerian pertahanan Inggris.

(Ber/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011