Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri Upacara Ziarah Nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu.

Wapres Ma’ruf Amin, dengan mengenakan pakaian sipil lengkap dengan jas hitam, peci hitam dan bermasker hitam, mendampingi Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali dengan momen mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Presiden kemudian memimpin prosesi mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga: Presiden tabur bunga di makam Habibie hingga pahlawan tak dikenal

Selanjutnya, Presiden dan Wapres melakukan tabur bunga ke makam Presiden ke-3 BJ Habibie dan tempat peristirahatan para pahlawan.

Tabur bunga juga dilakukan di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas, makam istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, makam mantan Wakil Presiden ke-4 Umar Wirahadikusuma, makam Wapres ke-5 Soedarmono dan makam Wapres ke-3 Adam Malik.

Turut hadir di upacara tersebut antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Kepolisan Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Presiden: Bangsa Indonesia semakin kokoh bagaikan karang diuji zaman
Baca juga: BPOM terapkan nilai kepahlawanan bangun kemandirian sains dan pangan


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021