Bandung (ANTARA) -
Jalur arteri dari Kota Bandung menuju Kota Cimahi, tepatnya di Jalan Amir Machmud Cimindi, Kota Cimahi, Selasa, mengalami banjir hingga sempat menutup arus lalu lintas dan menimbulkan kemacetan.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengatakan banjir itu mulai terjadi sekitar pukul 17.00 WIB saat wilayah itu dilanda hujan deras.

"Iya itu banjir tadi, sudah bisa dilintasi sekarang, tapi sekarang masih banjir, masih ada genangan," kata dia saat dihubungi.
 
Banjir merendam jalan tersebut hampir setinggi lutut orang dewasa sehingga kendaraan, baik roda empat maupun dua pun tak dapat melintasi banjir tersebut.

Hingga pukul 20.00 WIB, katanya, arus lalu lintas berangsur normal. Namun, sebelumnya kemacetan terjadi cukup panjang karena ada sekitar tiga titik banjir di sepanjang jalan tersebut.

Baca juga: Pengendara motor tewas terseret arus saat melintasi banjir di Cimahi

Pihaknya tidak menerapkan rekayasa arus lalu lintas pasalnya situasi mulai berangsur normal meski hujan masih turun di wilayah tersebut.

"Nggak ada rekayasa lalu lintas, sudah kembali normal," kata dia.
 
Selain di Cimindi, banjir bandang juga sempat terjadi di Jalan Cihanjuang-Parongpong hingga menyebabkan salah seorang pengendara terseret arus.

Ia mengatakan banjir di kawasan Cianjuang itu terjadi akibat luapan air sungai.

Namun, kata dia, banjir tersebut berlangsung cepat dan kembali normal.
 
"Di Cihanjuang banjir luapan sungai ke jalan saja, sekarang sudah normal," katanya.

Baca juga: Mulai musim hujan, Wali Kota Bandung minta tiap kecamatan cegah banjir
Baca juga: BPBD pastikan warga antisipasi banjir bandang Solokan Jeruk Bandung

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021