Website logistik pangan ini akan sangat membantu pengambil kebijakan di tingkat pusat dan daerah
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan laman logistik pangan untuk memudahkan dalam manajemen pengendalian stabilisasi harga dan stok pangan nasional dalam upaya memperkokoh ketahanan pangan Indonesia.

"Website logistik pangan ini akan sangat membantu pengambil kebijakan di tingkat pusat dan daerah," kata Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan Kementerian Pertanian Risfaheri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Laman logistik pangan ini memuat data dan informasi yang selalu diperbarui seperti Prognosa Neraca Pangan, Panel Harga Pangan, Monitoring Stok Pangan, Rekomendasi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Aplikasi Transaksi Online, dan info pendukung terkait logistik pangan.

Risfaheri mengatakan laman logistik pangan itu juga untuk mengetahui situasi pasokan dan harga pangan pokok strategis, baik secara nasional maupun di level provinsi masing-masing.

Sehingga hal itu memudahkan dalam mengambil langkah antisipatif maupun solutif untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di daerahnya.

Selain itu, laman ini juga sangat membantu pelaku usaha pangan dalam memahami situasi pasokan dan harga pangan di tingkat nasional dan di berbagai wilayah, sehingga diharapkan dapat mempermudah dalam melakukan perdagangan antar wilayah.

Laman ini juga memuat data dan informasi pemasok atau penyedia bahan pangan (poktan, gapoktan, peternak, pelaku pangan dan distributor), serta jasa transportasi logistik.

Hal lainnya, laman ini juga menyediakan aplikasi transaksi online melalui marketplace PasTani Grosir yang langsung bertaut ke perangkat Android sebagai sarana bagi pemasok atau penyedia bahan pangan bertransaksi langsung dengan pembeli atau pedagang dalam skala besar (grosir) tanpa melalui perantara.

Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Sarwo Edhy menjelaskan bahwa masalah stabilitas pasokan dan harga pangan pokok menjadi isu krusial dan harus terkendali secara optimal.

"Masalah stabilitasi harga ini harus bisa kita kendalikan. Tentunya kita perlu koordinasi dengan pihak terkait," ujar Sarwo.

Hal itu sejalan dengan amanat UU No 18/2012 diamanatkan bahwa pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok di tingkat produsen dan konsumen, serta mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat, rumah tangga, dan perseorangan.

Stabilisasi pasokan dan harga pangan dimaksudkan untuk melindungi pendapatan dan daya beli petani dan nelayan, serta menjaga keterjangkauan konsumen terhadap pangan.

Laman logistik pangan bisa diakses di alamat https://logistikpangan.id yang diharapkan bisa memudahkan dalam mengakses informasi harga pangan pokok strategis, kondisi stok pangan dan sebaran keberadaan stok pangan, serta kondisi pasokan pangan baik nasional maupun daerah dapat diakses oleh masyarakat dengan cepat dan mudah.

Melalui upaya yang dilakukan BKP Kementan itu, diharapkan dapat menghindari terjadinya asimeteris informasi terkait situasi pangan sehingga dapat mencegah spekulasi dan disparitas harga yang tinggi antara di konsumen dan produsen, serta antar wilayah.

Baca juga: Mentan dorong bupati perbaiki sistem logistik pangan

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Mentan minta semua siap hadapi pemanasan global

Baca juga: Kementan terbitkan data dan informasi pangan akurat satu pintu

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021