Satgas: Vaksinasi lansia dan remaja masih rendah di Aceh

Satgas: Vaksinasi lansia dan remaja masih rendah di Aceh

Dokumen - Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang pelajar remaja di Lhokseumawe, Aceh, Senin (12/7/2021) ANTARA/Rahmad

Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan cakupan vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) dan remaja di provinsi itu masih sangat rendah, sehingga diminta dukungan semua masyarakat dalam menyukseskannya.

“Selain remaja, cakupan vaksinasi lansia juga terbilang rendah maka perlu dukungan semua pihak untuk meningkatkannya,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan cakupan vaksinasi kelompok remaja usia 12-17 tahun di Tanah Rencong itu baru mencapai 16.267 orang dosis pertama dan 10.153 orang di antaranya telah melakukan penyuntikan dosis kedua. Sementara target vaksinasi remaja di Aceh mencapai 577.015 orang.

Baca juga: Kemenkes sebut vaksin picu komorbid persepsi keliru

Sedangkan vaksinasi kelompok lansia di Aceh baru mencapai 36.382 orang dosis pertama, dan 17.054 orang di antaranya telah disuntik dosis kedua. Pemerintah Aceh menargetkan vaksinasi COVID-19 bagi lansia mencapai 339.125 orang.

Oleh karenanya, Pemerintah Aceh terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi lansia dan kelompok remaja di bumi Serambi Mekkah itu dengan berbagai upaya dari tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Baca juga: Pakar: Komorbid bukan penghalang seseorang untuk divaksin

Di samping itu, pihaknya juga terus menggencarkan vaksinasi kelompok rentan dan masyarakat umum dengan total target 2,5 juta jiwa di seluruh Aceh. Dari target itu, cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 749.602 orang, dan 318.185 orang di antaranya telah menuntaskan dengan penyuntikan dosis kedua.

"Untuk petugas publik yang telah mendapat vaksinasi dosis pertama sebanyak 314.920 orang dari 478.489 orang target Aceh. Dan petugas publik yang menuntaskan suntikan dosis kedua sebanyak 212.213 orang," kata Saifullah.

Baca juga: ITAGI sebut lansia yang ragu vaksin sebagai kelompok "hesitancy"

Sementara untuk cakupan vaksinasi tenaga kesehatan di Aceh telah 62.589 orang, yang melebihi target awal 56.470 orang. Dan 55.452 orang di antaranya telah penyuntikan dosis kedua, dan 20.787 orang juga telah disuntik dosis ketiga atau booster.

Angka tersebut merupakan cakupan yang dicapai kelompok sasaran masing-masing di seluruh Aceh. Secara umum, katanya, penduduk Aceh yang sudah vaksinasi dosis pertama sebanyak 1,1 juta orang dari total sasaran sebanyak 4 juta penduduk Aceh. Dan 613.057 orang di antaranya telah disuntik dosis kedua.

“Cakupan vaksinasi Aceh merupakan angka agregat yang dicapai 23 kabupaten/kota di Aceh,” kata Iqbal.

Di samping itu, dia juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan mengingat penularan COVID-19 masih terjadi di tengah masyarakat.

Meski tren kasus terus turun, masyarakat tetap diminta memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M), katanya.
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021