Selama pandemi, ACT Maluku pastikan bantu makan gratis pekerja harian

Selama pandemi, ACT Maluku pastikan bantu makan gratis pekerja harian

Seorang relawan organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Maluku membagikan makan siang gratis kepada penarik becak yang mereka temui di jalan. Kegiatan yang diberi nama Aksi Beri Makan Gratis (Beriman) merupakan program dukungan bagi para pekerja harian di Kota Ambon selama masa pandemi COVID-19. (FOTO ANTARA/HO-ACT Cabang Maluku)

Ambon (ANTARA) - Organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Maluku memastikan akan tetap mendukung para pekerja harian di Kota Ambon dengan menyediakan makan siang gratis kepada mereka setiap hari Jumat, selama masa pandemi COVID-19.

Kepala ACT Cabang Maluku Wahab Loilatu di Ambon, Sabtu mengatakan pihaknya akan tetap mendukung para pekerja harian di Kota Ambon, seperti penarik becak, tukang gerobak, pengojek, pekerja sapu jalan dan lainnya, dengan menyediakan makan siang gratis bagi mereka.

Program yang diberi nama Aksi Beri Makan Gratis (Beriman) itu, katanya, akan terus dilaksanakan selama pandemi COVID-19, karena para pekerja harian termasuk dalam kelompok masyarakat yang sangat terdampak secara ekonomi.

"Operasi makan gratis yang kami lakukan bertujuan untuk membantu kebutuhan sehari-hari para pejuang keluarga, khususnya bagi mereka yang masih tetap harus bekerja di jalanan di tengah masa-masa sulit pandemi COVID-19," katanya.

Dikatakannya, penyediaan makan siang gratis kepada pekerja harian di Ambon setiap hari Jumat telah dilaksanakan sejak beberapa bulan sebelumnya. Pelaksanaannya menyebar di berbagai lokasi, di antaranya Pantai Losari Mardika, area Pasar Lama, kawasan Soabali, Silale dan beberapa tempat lainnya.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan berbagai pihak, yakni Bank Muamalat Cabang Ambon, kelompok dan komunitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), juga para dermawan yang menyumbangkan donasi maupun secara langsung menyediakan makanan siap saji untuk dibagikan.

"Kami tidak bisa bergerak sendiri, banyak dermawan yang juga ikut membatu untuk penyediaan makanan gratis bagi saudara-saudara kita, salah satunya adalah Bank Muamalat," katanya.

Wahab berharap masyarakat yang merasa berkecukupan bisa ikut membantu mendukung jalannya Program Beriman dengan berbagi rezeki mereka melalui nomor rekening ACT 7164170858 di Bank Syariah Indonesia dan nomor rekening ACT 8710 222 222 untuk Bank Muamalat, atau ikut langsung dalam aksi nyata berbagi dengan mengklik https://maluku.indonesiadermawan.id/operasimakanangratis.

Saat ini selain makan siang gratis, kata dia, ACT Maluku juga mulai membagi-bagikan beras kepada para pekerja harian dan kaum dhuafa yang mereka temui di jalan saat melaksanakan Program Beriman.

"Kami mengajak para dermawan untuk saling peduli di masa-masa sulit seperti ini, bisa dengan mengirimkan donasi ke nomor rekening kami atau bisa langsung mengunjungi kantor cabang kami di jalan Rijali Nomor 20 Kelurahan Amantelu, Kecamatan Sirimau," demikiian Wahab Loilatu .

Baca juga: ACT-MRI salurkan makanan siap saji untuk anak pengungsi korban gempa

Baca juga: ACT Maluku gelar pelayanan kesehatan gratis di Malteng

Baca juga: ACT salurkan bantuan biaya hidup guru di Maluku

Baca juga: ACT-Bulog Maluku salurkan bantuan pangan gratis untuk santri di Ambon
Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021