AS sumbang 3,6 juta dosis vaksin Pfizer COVID-19 ke Nigeria

AS sumbang 3,6 juta dosis vaksin Pfizer COVID-19 ke Nigeria

Arsip foto - Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 pada seorang warga di RS Nasional di Abuja, Nigeria, Maret 2021. ANTARA/Reuters/as.

Abuja (ANTARA) - Amerika Serikat menyumbangkan 3,6 juta dosis vaksin COVID-19 buatan Pfizer Inc/BioNTech ke Nigeria setelah mengirimkan vaksin Moderna Inc ke negara terpadat di Afrika itu dua bulan lalu.

Badan Pengembangan Perawatan Kesehatan Nasional Nigeria Faisal Shuaib mengatakan Nigeria pada 5 Oktober mengonfirmasi rencana kedatangan 3,57 juta dosis vaksin Pfizer dalam dua minggu ke depan.

Pengiriman vaksin dari AS tersebut tiba pada Kamis di bandara di ibukota Nigeria, Abuja,

Otoritas kesehatan Nigeria dan AS tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Pada Agustus, Nigeria menerima 4 juta dosis vaksin COVID-19 Moderna yang disumbangkan oleh pemerintah AS.

Baca juga: Nigeria prioritaskan empat vaksin COVID, kecuali Sinopharm

Negara Afrika Barat itu telah menjajaki opsi untuk memperoleh atau membeli vaksin melalui fasilitas COVAX agar dapat menginokulasi setidaknya 70 persen populasi.

Sekitar 2,3 persen populasi Nigeria atau 2,54 juta orang telah divaksinasi penuh pada Kamis, sementara 4,7 persen telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Nigeria, yang belum pernah melakukan uji COVID-19 secara luas, sejauh ini telah mencatat 208.404 infeksi yang dikonfirmasi dan 2.761 kematian akibat virus corona.

Negara itu menerima 501.600 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dari pemerintah Prancis pekan lalu dan 434.400 dosis vaksin Johnson dan Johnson dari Uni Afrika.

Sumber: Reuters

Baca juga: Nigeria ingatkan peluang gelombang II penularan COVID-19
Baca juga: Nigeria t

Tani, bocah pengungsi Nigeria juara catur

etapkan siaga merah COVID-19 di enam negara bagian
Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021