UNJ harus mampu beradaptasi dan merespons lima tantangan, salah satunya transformasi menjadi PTNBH
Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda  3.069 lulusan yang berasal dari Program Ahli Madya (D3), Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktoral (S3) pada wisuda virtual tahun akademik 2020/2021.

“Untuk menjadi perguruan tinggi yang besar, terdepan dan bereputasi tinggi, segenap civitas akademika UNJ harus mempunyai cita-cita dan pandangan yang jauh ke depan. UNJ harus mampu beradaptasi dan merespons lima tantangan, salah satunya melalui transformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH),” ujar Rektor UNJ, Prof Dr Komarudin MSi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemendikbudristek berikan beasiswa bagi siswa berprestasi PON Papua

Dia menambahkan sebagai perguruan tinggi negeri yang berada di ibukota dan memperoleh akreditasi unggul, UNJ memiliki potensi yang besar untuk menjadi PTNBH. Untuk mewujudkan harapan ini, dibutuhkan komitmen, sinergi dan strategi yang tepat.

Komarudin menambahkan pihaknya semakin memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi yang ditorehkan. Seperti, pengukuhan 25 guru besar terbanyak secara nasional dan mendapatkan berbagai apresiasi dari masyarakat.

Baca juga: UNJ kukuhkan tiga Guru Besar FMIPA

Selanjutnya dari sisi kemahasiswaan, pada periode Januari-September 2021 terdapat sebanyak 401 mahasiswa UNJ berprestasi.

Pada Pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021 ada sebanyak 78 mahasiswa, 84 alumni dan 23 dosen UNJ yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Pada gelaran PON XX 2020 Papua itu, berdasarkan perhitungan medali secara perorangan, mahasiswa dan alumni UNJ telah menyumbangkan sebanyak 49 Medali Emas, 31 Perak dan 34 Perunggu.

Baca juga: UNJ bentuk Edura Sport untuk hasilkan atlet berprestasi

Komarudin berpesan kepada para wisudawan bahwa tugas pendidikan sesungguhnya adalah membangun keteladanan dan kebijaksanaan. Hal itu harus diposisikan di atas Iptek, terlebih dalam menghadapi tantangan era disrupsi saat ini.

“Dengan kesarjanaan yang diraih dan dikukuhkan hari ini, semoga semakin menguatkan keluhuran akhlak kita, terdepan dalam membela kaum yang lemah-membutuhkan, dan dapat berkontribusi untuk bangsa serta negara. Selanjutnya, semoga Allah SWT meridhoi niat dan langkah kita memajukan UNJ menuju kampus PTNBH yang bereputasi di kawasan Asia,” imbuh dia.

Wisuda virtual UNJ tahun akademik 2020/2021 mengangkat tema “Strategi Percepatan Universitas Negeri Jakarta Menuju PTNBH”. Tema itu diangkat dalam rangka meneguhkan identitas UNJ dalam menghadapi lima tantangan besar, yaitu pandemi COVID-19 , Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dan daya saing global.

Baca juga: Industri energi hibahkan truk untuk media pembelajaran di UNJ

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021