Menparekraf minta DIY ajukan uji coba terbatas untuk Nglanggeran

Menparekraf minta DIY ajukan uji coba terbatas untuk Nglanggeran

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mengunjung Embung Nglanggean yang ada di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta segera mengajukan Desa Wisata Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul untuk mendapatkan izin pembukaan uji coba terbatas.

Sadiaga Uno di Gunung Kidul, DIY, Senin, mengatakan objek wisata Nglanggeran siap untuk kembali dibuka, karena telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan memiliki cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) yang sangat bagus.

"Dari hasil diskusi dengan warga serta wisatawan, mereka juga berharap Nglanggeran ini kembali dibuka," kata Sandiaga Uno saat mengunjungi Kawasan Desa Wisata Nglanggeran.

Baca juga: Menparekraf kesulitan sinyal saat akses PeduliLindungi di Mangunan

Ia mengatakan pengajuan izin uji coba terbatas tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), khususnya bagi wilayah yang menerapkan PPKM Level 3 seperti Gunung Kidul, yang mengikuti aglomerasi DIY.

"Bagi wilayah PPKM Level 3 perlu melakukan pengajuan ke pusat jika ingin membuka kembali wisata dengan uji coba terbatas. Sedangkan jika di Level 2, pembukaan bergantung pada pemerintah daerah setempat. Tentunya harus disiplin protokol kesehatan (prokes) serta memenuhi persyaratan yang ada jika ingin kembali dibuka," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga Uno secara simbolis memberikan penghargaan pada Nglanggeran sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif. Dari ajang lomba desa wisata mandiri inspiratif, hanya ada tujuh desa wisata yang mendapatkan penghargaan serupa, termasuk Nglanggeran.

"Kami berharap pengelola Nglanggeran lebih mempersiapkan diri. Tak hanya untuk kembali menyambut wisatawan, tetapi juga dalam ajang UNWTO Best Tourism Village, menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Desa Mangunan masuk nominasi 50 besar desa wisata terbaik

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta juga berharap objek wisata di wilayahnya kembali dibuka. Apalagi sejumlah destinasi dinilai cukup siap untuk menyambut wisatawan.

"Kami sanga berharap, tempat-tempat wisata di Gunung Kidul segera buka lagi agar masyarakat kembali bangkit," kata Sunaryanta.

Pewarta : Sutarmi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021