Jika ada lahan dekat pantai, kami akan membangun Lanal.
Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap kepada Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah agar Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) di Aceh dapat segera dibangun.

"Kunjungan ke Komando Armada I ini, di samping untuk bersilaturahmi, saya juga berharap agar Panglima segera membangun Lantamal di Banda Aceh," kata Nova Iriansyah, di Jakarta, Rabu, di sela berkunjung ke Markas Koarmada I, di Jakarta, dan turut didampingi Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh Almuniza Kamal.

Ia menjelaskan, dengan kehadiran Lantamal akan ada pembangunan asrama serta pasar di kawasan tersebut.

“Pembangunan pasar akan berimbas pula pada perekonomian masyarakat, dan kehadirannya juga akan meningkatkan sektor ekonomi di daerah,” katanya pula.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah menyambut baik harapan yang disampaikan Gubernur Aceh.

"Jika ada lahan dekat pantai, kami akan membangun Lanal (Pangkalan Angkatan Laut) terlebih dahulu. Kalau Lantamal itu rencana dibangun di Sabang," katanya lagi.

Dia menjelaskan, untuk membangun sebuah Lantamal di suatu daerah, merupakan peningkatan Lanal tipe B, karena harus memenuhi fasilitas standar yang telah ada.

Namun, untuk menindaklanjuti harapan itu, Panglima Arsyad Abdullah akan melaporkan terlebih dulu kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), agar pembangunan pangkalan bisa segera terlaksana.
Baca juga: Lantamal VI Makassar disinfeksi kapal perang

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021