Ini menunjukkan ada daya tarik sendiri dengan penampilan Paviliun Indonesia ini
Dubai, UEA (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat jumlah pengunjung Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai telah mencapai 6.248 orang hingga hari ketiga gelaran yang  berlangsung sejak 1 Oktober itu.

“Ini menunjukkan ada daya tarik sendiri dengan penampilan Paviliun Indonesia ini,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi kepada Antara di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu.

Paviliun Indonesia sendiri mengusung tema Creating the Future, From Indonesia to The World dengan konsep Connecting Yesterday, Today and Tomorrow.

Tema dan konsep ini dihadirkan melalui tiga zona yang berada di dalam Paviliun Indonesia yaitu Yesterday, Today, dan Tomorrow yang menggambarkan Indonesia di masa lalu, sekarang, dan kesiapan masa depan.

Sejauh ini, Didi menuturkan zona yang paling memiliki daya tarik bagi pengunjung adalah zona Tomorrow sekaligus ruang teater karena lebih lengkap dalam memperkenalkan peradaban Indonesia.

“Karena di teater itu sebenarnya lebih lengkap menampilkan civilization Indonesia dan ada penjelasan langsung dari pemandu acaranya yang ada di video. Itu insight yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” jelasnya.

Indonesia akan menghadirkan 26 tema mingguan dan 75 forum bisnis dalam format hybrid yang didukung oleh 22 kementerian/lembaga (K/L), pemerintah daerah dan mitra perusahaan selama Expo berlangsung yakni 31 Maret 2022.

“Itu yang menjadi kelebihan, konten di setiap minggu itu ada. Itu menurut saya yang akan menjadi keunggulan tersendiri bagi Indonesia,” katanya.

Didi pun berharap melalui partisipasi Indonesia di ajang World Expo ini akan mampu membangun nation branding sehingga masyarakat global dapat mengenal kekayaan dan kebudayaannya secara lebih dekat.

“Harapannya justru kita bisa lebih mempromosikan nation branding dengan penampilan kita cukup oke, bagi saya. Harus optimis,” katanya.

Kemendag menargetkan sebanyak 2,5 juta orang dari berbagai belahan dunia untuk mengunjungi Paviliun Indonesia di ajang Expo 2020 Dubai yang berlangsung mulai 1 Oktober 2021 sampai 31 Maret 2022.

Baca juga: Pengamat: Expo Dubai dapat perluas perdagangan RI ke kawasan teluk

Baca juga: Mendag buka opsi Paviliun Indonesia jadi pusat perkenalkan karya UMKM

Baca juga: Mendag: RI berpeluang raih investasi lewat World Expo 2020 Dubai

Baca juga: Resmi dibuka, Paviliun Indonesia hadir digelaran Expo 2020 Dubai

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021