Jakarta (ANTARA) - Sepupu pebalap MotoGP Maverick Vinales, Dean Berta Vinales, tewas dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyol, demikian laporan Reuters, Sabtu.

Ajang pendukung World Superbike itu baru berlangsung sebelas putaran ketika pebalap Spanyol itu terlibat kecelakaan dengan tiga pesaingnya di tikungan 2 sehingga bendera merah terpaksa dikibarkan.

"Setelah insiden serius di Race 1 WorldSSP300, Dean Berta Vinales sayangnya meninggal karena cedera," demikian pernyataan WSBK.

"Sang pebalap mengalami cedera parah di kepala dan toraks. Kendaraan medis segera tiba di tempat kejadian dan sang pebalap ditangani di trek, di dalam ambulans dan di pusat medis sirkuit.

"Kendati upaya terbaik dari staf medis sirkuit, pusat medis mengumumkan bahwa Berta Vinales sayangnya telah meninggal karena cedera."

Balapan tersebut dan sisa sesi pada Sabtu dibatalkan.

Baca juga: Pebalap 14 tahun asal Spanyol tewas dalam kecelakaan balap junior

Vinales merupakan sepupu dari pebalap MotoGP Maverick Vinales dan dia membalap untuk Vinales Racing Team.

MotoGP menyampaikan ungkapan bela sungkawanya atas kematian Vinales lewat Twitter.

"Kami sangat sedih dengan kepergian tragis @DeanBerta21 menyusul kecelakaan di Race 1 #WorldSSP300 hari ini," cuit MotoGP.

Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez menulis: "Beristirahatlah dengan tenang Dean. Semua dukungan saya untuk keluarga dan teman-teman."

Baca juga: GP San Marino: Cuaca buruk di FP2, Vinales masih pegang kendali
Baca juga: Bagnaia rayakan kemenangan sempurnanya di GP San Marino

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021