37 atlet Kota Mataram-NTB dilepas menuju PON XX Papua

37 atlet Kota Mataram-NTB dilepas menuju PON XX Papua

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (kiri), menyerahan secara simbolis uang saku atet dan pelatih Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, di aula Pendopo Wali Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/9-2021). (FOTO ANTARA/Nirkomala).

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram  H Mohan Roliskana melepas sebanyak 37 atlet asal Kota Mataram yang akan menjadi duta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2-16 Oktober 2021.

Kegiatan pelepasan 37 orang atlet serta 19 orang pelatih yang akan diberangkatkan 20 September 2021 ke Papua tersebut, berlangsung di aula Pendopo Wali Kota Mataram dihadiri oleh Ketua KONI Mataram H Firadz Pariska, Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, SH serta jajaran terkait lainnya di Mataram, Kamis.

Wali kota mengatakan, kegiatan pelepasan ini merupakan tradisi untuk memberikan motivasi kepada semua atlet agar bisa tetap semangat dan amanah serta menjaga nama baik daerah.

"Saya berharap atlet bisa bertanding secara rileks dan santai, serta saling memotivasi sebab nanti kalian akan bertanding di tempat yang berbeda dan jauh," katanya.

Ia menambahkan PON merupakan puncak karir pembinaan olahraga, sehingga keberhasilan terpilih menjadi duta daerah dalam kejuaraan nasional menjadi capaian yang luar biasa.

"Untuk mencapai posisi saat ini, tentu butuh perjuangan panjang. Untuk itu, kami berharap para atlet bisa bertanding dan memberikan yang terbaik untuk daerah kita," katanya.

Kegiatan pelepasan atlet tersebut dirangkaikan juga dengan penyerahan secara simbolis uang saku serta honorarium atet dan pelatih PON XX Papua. Besarannya Rp110.000.000 untuk uang saku alet dan pelatih PON XX Papua dan Rp43.500.000 untuk honorarium atlet dan pelatih PON XX Papua.

"Kami juga menyiapkan bonus untuk atlet peraih medali emas sebesar Rp100 juta," kata Mohan Roliskana.

Sementara Ketua KONI Mataram H Firadz Pariska dalam kesempatan itu mengatakan, sebanyak 37 atlet perwakilan Kota Mataram yang akan mengikuti PON XX Papua tersebut merupakan atlet unggulan dan akan mengikuti sebanyak 12 cabang olahraga (cabor).

"Jika kita melihat target Provinsi NTB sebanyak 17 medali, Insya Allah atlet Kota Mataram bisa meraih medali emas 20-30 persen dari target tersebut," katanya.

Dikatakannya cabang olah raga yang diunggulkan bisa meraih medali emas antara lain, cabang menembak. Dari 11 atlet menembak PON XX semuanya berasal dari Kota Mataram, dan diyakini bisa memenuhi dua medali emas yang ditargetkan oleh Provinsi NTB.

"Selain itu cabang olah raga atletik dan tolak peluru minimal bisa satu medali emas. Di samping itu, voli pasir, kempo, panjat tebing serta cabang-cabang olah raga lainnya juga berpeluang meraih medali emas," demikian Firadz Pariska .

 
Pewarta : Nirkomala
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021