Surabaya (ANTARA) - Inspektur Jenderal TNI AL (Irjenal) Laksamana Muda TNI Sunaryo mendorong percepatan penyelesaian progres overhaul Kapal Selam KRI Cakra-401 yang kini digarap PT PAL Indonesia.

Sunaryo, dalam kunjungan kerja ke PT PAL Indonesia yang didampingi Irum Itjenal - Laksma Udyatmiko, Irkoarmada II - Laksma Arief Muchtarom di galangan kapal yang terletak di kawasan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa menegaskan, secara khusus tujuan kunjungan berfokus untuk meninjau langsung pengerjaan Kapal Selam KRI Cakra-401.

Baca juga: PAL lengkapi fasilitas hanggar kapal selam melalui PMN Rp1,28 triliun

Sunaryo berharap, Kapal Selam KRI Cakra-401 dapat segera bergabung dan mendukung kegiatan TNI dalam pertahanan Republik Indonesia.

Sebab, seluruh proyek yang dikerjakan PT PAL Indonesia diawasi berbagai pihak independen, khususnya dari pemerintah, termasuk elemen Inspektur Jenderal TNI AL (Irjenal).

Menanggapi hal itu, Chief Operating Officer (COO) PT PAL Indonesia Iqbal Fikri, mengatakan, progres proyek OVH KRI Cakra telah mencapai 97,5 persen.

"Meski terkendala pandemi COVID-19 yang menghambat kedatangan peralatan dan tenaga ahli, kami tetap optimistis untuk menyelesaikan proyek dan mencapai on time delivery," katanya.

Ia mengatakan, secara paralel juga terus dilakukan penyempurnaan pada bagian-bagian khusus pada proyek Overhaul KRI Cakra-401 meski berada di luar scope of work.

"Hal tersebut merupakan wujud komitmen PT PAL Indonesia dalam aspek memberi pelayanan terbaik," kata Iqbal, dalam siaran persnya.

Sementara, dalam kunjungan itu turut mendampingi SEVP PT PAL Indonesia (Persero) Laksamana Muda TNI Catur Sudarsono, Dansatgas OVH KRI Cakra-401 Kolonel Indra Wijaya, Kapro OVH KRI Cakra-401 Kolonel Wiranto, serta seluruh jajaran Kepala Divisi terkait.

Baca juga: Anggota DPR dorong kemandirian dan transformasi PT PAL

Baca juga: Panglima TNI: KRI Alugoro-405 wujud mitra strategis Indonesia-Korsel

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021