Jakarta (ANTARA) - Kemarin jumlah warga yang sudah divaksinasi COVID-19 bertambah menjadi 38,22 juta orang dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan bahwa 85,1 persen wilayah Indonesia sedang menghadapi musim kemarau.

Selain itu ada warta mengenai kejadian bencana alam di wilayah Indonesia dan lumba-lumba yang terdampar di kawasan pantai Tulungagung yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

38,22 juta warga Indonesia sudah dapat vaksinasi COVID-19 dosis kedua

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat sebanyak 38.223.153 warga Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua hingga Minggu. Jumlah warga yang sudah selesai menjalani vaksinasi tercatat bertambah 192.501 orang dibandingkan pada hari sebelumnya.

85 persen wilayah Indonesia sedang kemarau

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa 85,1 persen wilayah Indonesia sedang mengalami musim kemarau. Menurut BMKG, beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur mengalami hari tanpa hujan sangat panjang (31-60 hari) dan ekstrem panjang (lebih dari 60 hari).

1.829 bencana alam melanda Indonesia sejak awal Januari

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat sebanyak 1.829 bencana alam terjadi di wilayah Indonesia sejak 1 Januari hingga 5 September 2021. Selama kurun itu terjadi 750 kali banjir, 477 kali cuaca ekstrem, 346 kali tanah longsor, 206 kali kebakaran hutan dan lahan, 22 kali gelombang pasang dan abrasi, lima kali kekeringan, dan 23 kali gempa bumi.

Tiga lumba-lumba electra terdampar di Pantai Sidem Tulungagung

Tiga lumba-lumba electra atau yang lebih dikenal dengan sebutan paus kepala melon (Peponocephala electra) terdampar di Pantai Sidem, Tulungagung, Jawa Timur, Minggu. Dua dari tiga lumba-lumba itu sudah didorong kembali ke tengah laut dan satu lainnya masih berada di kawasan pantai.

Mantan Anggota DPR RI dan DPD RI Awang Ferdian meninggal dunia

Mantan Anggota DPR RI dan DPD RI Daerah Pemilihan Kalimantan Timur Awang Ferdian Hidayat, putra mantan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, meninggal dunia di Samarinda pada Minggu malam.

   

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021