Jika hal ini dapat dilakukan dengan masif dan profesional, tentunya akan menjadi energi kemajuan bagi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes serta menghasilkan kemandirian ekonomi desa
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meminta adanya tim khusus untuk mempercepat implementasi kemitraan Pertashop dengan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

"Saya dan Kementerian BUMN sangat menyambut baik kemitraan dan mendukung penuh adanya kolaborasi ini, bersama Kementerian Desa. Saya juga meminta adanya tim khusus untuk mengkurasi dan mempercepat implementasi kemitraan Pertashop dengan BUMDes," ujar Erick Thohir dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Menteri BUMN mengatakan bahwa investasi BUMN yang bersahabat dengan melibatkan masyarakat daerah adalah hal yang sudah sebaiknya harus dilakukan. Keseimbangan pembangunan ekonomi desa penting untuk memastikan rakyat dapat bekerja.

Seperti yang diketahui di Indonesia ini, sektor usaha ultra mikro dan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian yang utama dalam pembangunan pada saat ini di masyarakat.

Oleh karena itu Erick mengingatkan tidak boleh memandang sebelah mata pelaku usaha kecil dan mikro di pedesaan seperti halnya peluang kemitraan SPBU mini yang ditawarkan Pertamina melalui Pertashop dengan dukungan BRI yang disosialisasikan pada hari ini.

"Karena walaupun SPBU-nya mini, potensinya besar dan Insya Allah dampak besar. Model bisnis teruji, pangsa pasar yang jelas dan investasi yang terjangkau. Komitmen besar BRI untuk akses permodalan dan perbankan kepada pelaku usaha di pedesaan," kata Erick Thohir.

Selain itu, Pertashop memiliki multiplier effect yang besar, akses BBM berkualitas dengan harga yang sama dengan SPBU serta menyerap tenaga kerja.

"Jika hal ini dapat dilakukan dengan masif dan profesional, tentunya akan menjadi energi kemajuan bagi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes serta menghasilkan kemandirian ekonomi desa," ujar Erick.

Sebelumnya, Erick Thohir menyebutkan pembangunan 10.000 unit pengisian BBM kendaraan skala kecil atau Pertashop oleh PT Pertamina (Persero) dalam tiga tahun ke depan adalah untuk membantu penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Erick mengatakan untuk mempercepat pencapaian target tersebut Pertamina bekerja sama dengan pesantren dan pengusaha daerah.

Pertamina terus berkomitmen menghadirkan energi berkualitas secara merata hingga penjuru negeri. Komitmen tersebut diwujudkan melalui Pertashop, yaitu lembaga penyalur BBM, elpiji, dan produk Pertamina lainnya dalam skala kecil, utamanya untuk masyarakat pedesaan yang belum tersedia SPBU.

Baca juga: Pertamina pastikan setiap kelurahan terdapat pertashop
Baca juga: Erick Thohir: Pembangunan 10.000 Pertashop ciptakan lapangan kerja
Baca juga: Dirut PGN: Pembangunan SPBG akan dikombinasikan dengan Pertashop

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021