Palu (ANTARA News) - Mantan ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Tengah, Zainuddin Tambuala, dipastikan akan memimpin kembali PKS di daerah setempat untuk periode 2010-2015 mendatang.

Informasi yang dihimpun di arena Musyawarah Wilayah II PKS Sulteng, di Palu , Ahad, menyebutkan, nama Zainuddin Tambuala kembali diusulkan oleh sejumlah dewan pimpinan daerah kabupaten/kota agar memimpin kembali PKS Sulteng.

"Memang benar, Pak Zainuddin Tambuala dipastikan terpilih kembali untuk periode 2010-2015," kata salah seorang pengurus DPW demisioner, Ilyas Candra .

Proses rekrutmen calon ketua DPW PKS Sulteng kata Ilyas sudah berlangsung sejak dua bulan lalu. Masing-masing DPD kabupaten-kota mengajukan pilihan nama yang diisi dalam amplop. Nama-nama tersebut kemudian dikirim ke DPP.

Ilyas mengatakan, Zainuddin Tambuala salah satu calon yang masih diinginkan sebagian besar kader PKS di kabupaten-kota.

"Nama-nama pengurus lain nanti akan diumumkan sore nanti," katanya.

Sementara itu jabatan Ketua Dewan Pertimbangan yang periode sebelumnya dijabat oleh Noh Ali Lamu, kini dijabat oleh Moh Wahyudin. Ali Lamu dikabarkan terpilih menjadi ketua dewan syariah.

Ilyas mengatakan, salah satu keberhasilan Zainuddin memimpin PKS selama periode 2005-2010, PKS di Sulteng mengalami peningkatan signifikan dalam perolehan suara baik di DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten-kota.

Di DPRD Sulteng , yang sebelumnya hanya dua anggota PKS kini menjadi empat orang. Secara keseluruhan PKS Sulteng berhasil mendapat kursi di DPRD sebanyak 20 kursi yang tersebar di DPRD Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Banggai, Parigi Moutong masing-masing tiga kursi.

Di Kabupaten Poso dan Banggai Kepulauan, PKS hanya mendapat masing-masing satu kursi.

Tiga daerah lainnya, perolehan kursi PKS masih kosong yakni Tolitoli, Buol, dan Morowali.

Musyawarah Wilayah II PKS Sulteng dibuka Sabtu malam oleh Wakil Ketua Dewan Syariah DPP PKS, Ali Ahmadi di Palu. Muswil kali ini mengusung tema "PKS untuk Semua".

Zainuddin Tambuala dalam sambutannya mengatakan, tema PKS untuk semua tersebut lahir atas kecintaan PKS terhadap Sulteng. Dia mengatakan, PKS untuk semua, tidak sekadar wacana tetapi akan diwujudkan dalam kegiatan politik PKS sebagai partai yang terbuka.(*)

(T.A055/A011/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010