Banjarmasin (ANTARA News) - Kepolisian Resort Kota Banjarmasin mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin, agar selalu waspada terhadap para pelaku tindak pidana hipnotis yang diduga berkeliaran saat ini.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banjarmasin, Kompol Suhasto SIK, di Banjarmasin, Minggu, menuturkan bahwa pelaku hipnotis sekarang berkeliaran sehingga masyarakat diminta selalu waspada.

Untuk masyarakat, menurut dia, agar dalam berpergian keluar rumah atau mau ketempat keramaian agar bisa membawa teman untuk sekedar menemani supaya pelaku tindak kejahatan hipnotis tidak bisa melakukan aksinya.

"Kami imbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap pelaku tindak kejahatan hipnotis yang diperkiraan berkeliaran," lanjutnya.

Apalagi, saat ini masyarakat Banjarmasin sedang menghadapi jelang lebaran bagi yang muslim, dan itu tentunya dipusat perbelanjaan ramai sekali di kunjungi para pengunjung yang ingin membeli baju baru.

Selanjutnya, ia menyarankan, dalam berpergian ketempat keramaian seperti pusat perbelanjaan agar tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan yang bisa mengundang pelaku kejahatan mendekati.

Pelaku kejahatan, terutama pelaku hipnotis, biasanya tergiur dengan korbannya yang terlihat mewah dan sendiri dalam berjalan ketempai keramaian seperti pusat perbelanjaan.

Suhasto juga mengatakan, untuk mengatasi pelaku hipnotis itu diharapkan masyarakat jangan jalan sendiri paling tidak mempunyai teman apabila berpergian ketempat ramai, tidak mempergunakan perhiasan yang berlebihan.

Lanjutnya, tidak berpikiran kosong yang mudah orang memasuki pikiran anda, jangan menatap mata langsung apabila diajak bicara oleh orang yang tidak dikenal, berusaha untuk tidak melayani obrolan terhadap orang yang baru dikenal.

"Masyarakat dalam berpergian ketempat keramaian agar membawa teman supaya ada teman untuk diajak berbicara dan membantu apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan," ucap Suhasto.

Tambahnya, pihak polisi juga terus melakukan patroli secara mobile ketempat-tempat keramaian yang sering dikunjungi masyarakat seperti pusat perbelanjaan dan kantor-kantor bank yang ada di Banjarmasin.

Kejahatan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan hipnotis itu sudah sering terjadi di sejumlah daerah sehingga dengan adanya hal tersebut polisi mengimbau agara masyarakat selalu waspada terhadap setiap tindak kejahatan.

Selain itu bagi masyarakat yang mengalami atau melihat terjadi tindak kejahatan agar secepatnya untuk melapor kekantor polisi terdekat agar bisa ditindak lanjuti secara cepat oleh pihak polisi dan pelakunya bisa dilakukan penangkapan.

Bagi pelaku tindak kejahatan yang melakukan aksinya diwilayah Kota Banjarmasin apabila tertangkap akan diberikan sanksi tegas yang sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku, demikian Suhasto.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010