PR Sukun bantu perbaikan laboratorium biomolekuler RSUD Kudus

PR Sukun bantu perbaikan laboratorium biomolekuler RSUD Kudus

Petugas RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, saat bertugas di laboratorium biomolekuler untuk menguji spesimen usap atau swab untuk diagnosis COVID-19. ANTARA/HO-Humas Pemkab Kudus

Kudus (ANTARA) - Perusahaan Rokok Sukun Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membantu perbaikan dan penyempurnaan laboratorium biomolekuler milik RSUD Loekmono Hadi Kudus serta memberikan dua set alat hepafilter astropure 450 untuk optimalisasi pelayanan penanganan pasien terpapar COVID-19.

Menurut Corporate Secretary PR Sukun Kudus Deka Hendratmanto di Kudus, Jumat, penyempurnaan laboratorium biomolekuler untuk menguji spesimen usap atau swab untuk diagnosis COVID-19 serta pemberian dua set hepafilter sebagai bentuk kepedulian PR Sukun terhadap keselamatan para tenaga kesehatan yang menangani corona di Kudus.

Apalagi, kata dia, kasus corona di Kabupaten Kudus saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Kami ingin menjamin keamanan para nakes saat berada di dalam laboratorium ketika mereka tengah menguji sampel swab, mulai dari masuk hingga keluar lab," ujarnya usai penyerahan hibah secara simbolis di RSUD Kudus Jumat (25/6).

Bantuan yang diberikan ada 19 item perbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan oleh PR Sukun pada laboratorium penguji sampel swab pasien suspek maupun konfirmasi corona tersebut.

Mulai dari pemasangan rangka partisi alumunium lengkap dengan dinding partisi hingga penyempurnaan kamar mandi untuk sterilisasi tenaga kesehatan. Termasuk layout ruangannya, kemudian dipasangi alat hepafilter sehingga keamanan para nakes lebih terjamin.

Baca juga: 90 persen nakes Kudus yang dilindungi vaksin sudah sembuh
Baca juga: PT Pura Kudus targetkan vaksinasi COVID-19 14.000 karyawan tuntas Juni


Adanya bantuan tersebut, pihaknya pun berharap jumlah tenaga kesehatan yang berisiko terpapar corona bisa menurun bahkan nol persen. Terlebih nakes yang bertugas di ruangan uji sampel swab tersebut.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi nakes yang terpapar saat sedang bertugas menguji sampel swab pasien COVID-19 di rumah sakit ini," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Loekmono Hadi Kudus Wahyu Wijanarko mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari PR Sukun.

"Ini tentunya akan sangat membantu para nakes RSUD Kudus dalam bertugas. Dengan penyempurnaan ini, kami yakin bisa melayani dengan semaksimal mungkin," ujarnya. 

Baca juga: Anggota DPR sulap pesantren jadi RS Darurat COVID-19 di Kudus
Baca juga: Muhammadiyah Kudus siapkan shelter isolasi penderita COVID-19
Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021