ILUNI UI berikan layanan vaksinasi bagi masyarakat

ILUNI UI berikan layanan vaksinasi bagi masyarakat

Program vaksinasi yang diselenggarakan oleh ILUNI UI bagi masyarakat yang memiliki KTP Jakarta maupun yang berdomisili dan bekerja di Jakarta di Jakarta, Ahad (20/6/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bekerja sama dengan RSCM dan didukung oleh Danone memberikan layanan vaksinasi pada sebanyak 500 warga DKI Jakarta yang memegang KTP Jakarta maupun yang berdomisili dan bekerja di Jakarta di RSCM Kencana.

“Program vaksinasi ini bertujuan mendukung pemerintah dalam percepatan realisasi program vaksinasi. Kami juga mencoba mengakomodir permintaan alumni dan mahasiswa UI untuk mendapatkan vaksinasi. Kita selalu terdepan dalam mendukung kegiatan vaksinasi untuk alumni, mahasiswa dan masyarakat,” ujar Andre dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan layanan vaksinasi itu merupakan kali ketiga diselenggarakan di RSCM dan merupakan bentuk partisipasi ILUNI UI dalam penanganan COVID-19. ILUNI UI merupakan satu-satunya Ikatan Alumni Perguruan Tinggi yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan.

Andre mengatakan, program layanan vaksinasi ILUNI UI merupakan Sinergi Temu antara berbagai pemangku kepentingan. Tak hanya menggandeng RSCM dan Danone sebagai mitra, ILUNI UI juga mengajak relawan yang terdiri dari ILUNI FIK UI, ILUNI FKM UI, Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) UI, dan juga mahasiswa UI Rumpun Ilmu Kesehatan.

Baca juga: Buka sentra vaksinasi, Iluni UI dukung program vaksinasi COVID-19

Baca juga: ILUNI dukung langkah pembatasan WNA masuk ke Indonesia

“Semoga Sinergi Temu yang tercipta akan memperbesar manfaat yang diterima, tak hanya oleh alumni dan mahasiswa UI, tapi juga masyarakat luas,” kata dia.

Koordinator relawan ILUNI UI Peduli sekaligus penanggung jawab program vaksinasi, Endang Mariani, mengatakan kegiatan vaksinasi sudah rutin mereka lakukan.

Sejak prioritas vaksinasi untuk lansia pada bulan Maret, ILUNI UI telah memberikan layanan vaksinasi di RSCM dan RSUI. Endang memaparkan, program vaksinasi pada bulan Maret bersama RSCM berhasil mengumpulkan sekitar 500 peserta, sedangkan program sentra vaksinasi di RSUI bekerja sama dengan XL Axiata mengumpulkan sekitar 40.000 peserta dari Maret hingga Juni.

“ILUNI UI ingin membantu pemerintah mengadakan layanan vaksinasi untuk masyarakat 18 tahun ke atas. Ke depan kami berharap dapat membuka sentra vaksinasi yang lebih besar, dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa harus dibatasi KTP. Untuk waktu dan tempat masih dalam perencanaan,” kata Endang.

Selama kegiatan, sejumlah lebih dari 50 relawan ILUNI UI dari relawan tenaga kesehatan dan administrasi membantu jalannya alur vaksinasi, mulai dari proses skrining, pemberian vaksin, hingga pemantauan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Penerapan protokol kesehatan pun dijalankan dengan ketat, termasuk pemeriksaan usap (swab) antigen kepada para relawan yang terlibat, sebelum dan sepekan setelah bertugas.

“Pengalaman serta kemampuan RSCM dalam menyelenggarakan vaksinasi untuk masyarakat sudah tidak diragukan lagi. ILUNI UI belajar banyak dari RSCM, agar dapat memberikan pengalaman vaksinasi yang aman dan nyaman untuk masyarakat,” kata Endang.

Sementara itu, Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti SpJP(K) MARS FIHA, menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang tercipta dengan RSCM.

Lies menekankan, RSCM akan selalu memberikan dukungannya atas upaya vaksinasi untuk masyarakat. Dalam program itu, RSCM bertanggung jawab dalam menyediakan tenaga kesehatan serta dukungan tempat dan berbagai fasilitas yang dimilikinya.

“Ini sudah kali ketiga ILUNI UI bekerja sama dengan RSCM dalam menyelenggarakan program vaksinasi untuk masyarakat. Kami berharap ke depan, kerja sama bisa kembali terjalin, khususnya dalam memperbanyak sentra vaksinasi, agar vaksin COVID-19 dapat menjangkau masyarakat lebih banyak dan lebih luas lagi,” kata dr. Lies.

Medical Science Director Danone Indonesia, Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK, mengatakan partisipasi dalam kegiatan layanan vaksinasi ILUNI UI bersama RSCM sebagai bentuk komitmen Danone berpartisipasi aktif dalam upaya memutus penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Danone juga telah memberikan layanan vaksinasi kepada para karyawan dan mendukung berbagai kegiatan sentra vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi langkah ILUNI UI dan RSCM dalam memberikan layanan pemberian vaksinasi untuk masyarakat. Danone siap mendukung dan bermitra untuk program akselerasi vaksinasi di Indonesia, termasuk bermitra dengan ILUNI UI,” kata Ray.*

Baca juga: ILUNI UI: Masih ada perbedaan pemahaman terhadap pandemi COVID-19

Baca juga: Ketua ILUNI UI: Pilkada 2020 jangan abaikan COVID-19

Pewarta : Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021