semakin percaya diri dan bersemangat untuk berjualan
Jakarta (ANTARA) - Sepeda motor roda tiga bantuan dari Kementerian Sosial yang diterima seorang penyandang disabilitas fisik, Gading Ogi Saputra, warga Pekalongan Jawa Tengah, membantu mobilitas pemasaran sehingga mampu meningkatkan omzet dagangannya.

"Gading semakin percaya diri dan bersemangat untuk berjualan sejak memperoleh motor listrik roda tiga," kata Pendamping Penyandang Disabilitas Kabupaten Pekalongan, Purwoji seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dengan motor listrik roda tiga, Gading mengaku omzet dagangannya naik dibandingkan sebelumnya ketika menggunakan sepeda, omzet yang ia peroleh sekitar Rp500 ribu per hari. Sementara kini ia bisa memperoleh omzet sebesar Rp900 ribu per hari.

Kenaikan tersebut lantaran jumlah dan variasi barang dagangan Gading bertambah berkat boks motor yang bisa menampung lebih banyak muatan. Selain itu tentu memperluas jangkauan serta menghemat waktu dan energi. Dari keuntungan yang didapat, Gading menyisihkan Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per hari untuk ditabung di salah satu bank swasta di wilayahnya.

Baca juga: Mensos tinjau balai perakitan sepeda motor disabilitas di Bogor
Baca juga: Mensos janjikan pembuatan 490 alat bantu mobilitas disabilitas


Pemuda berusia 17 tahun itu mengalami kondisi disabilitas fisik sejak lahir yang membuat perlambatan perkembangan fisik sehingga kedua kakinya tidak berfungsi normal. Ia bisa berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Sudah dua tahun terakhir Gading berjualan kopi keliling. Sebelum berangkat bekerja, ibunya, Susiati, membantu merapikan minuman, rokok, dan barang dagangan lainnya di boks motor listrik roda tiga milik Gading.

Motor listrik roda tiga yang dipakai Gading merupakan bantuan dari Kementerian Sosial yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, pada 15 Mei 2021 di kediamannya.

Setiap hari, Gading menjajakan dagangannya mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB di Alun-Alun Kabupaten Pekalongan. Malam hari menjadi waktu yang dipilih untuk berjualan karena banyak orang yang berkumpul di Alun-Alun.

Dengan motor listrik roda tiga, kini Gading bisa beraktivitas lebih mudah, semakin produktif, mandiri, dan tidak bergantung kepada orang lain.

Baca juga: Disabilitas di Sabang terima bantuan sepeda motor khusus
Baca juga: Berbekal motor modifikasi, Kiki merajut mimpi







 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021