Kakorlantas: layanan lalin berbasis teknologi informasi jadi unggulan

Kakorlantas: layanan lalin berbasis teknologi informasi jadi unggulan

Kakorlants Polri Irjen Pol Istiono meninjau kesiapan peluncuran ETLE tahap II secara nasional di TMC Polresta Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (16/6/2021) (ANTARA/HO-Korlantas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan peluncuran 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) atau tilang elektronik tahap dua secara nasional, layanan bidang lalu lintas berbasis teknologi informasi ini menjadi unggulan kepolisian.

"Ke depan, tidak bisa pungkiri bahwa pelayanan Korlantas berbasis teknologi informasi menjadi unggulan Polri dan menjadi standar-standar pelayanan yang memudahkan kerja kepolisian lalu lintas," ujar Istiono dalam keterangan tertulis mengecek kesiapan ETLE tahap II di Polresta Surakarta, Jawa Tengah, Rabu.

Istiono menyebutkan peluncuran ETLE tahap II akan dilakukan di 12 polda, jumlah tersebut masih bertambah lagi.

Peluncuran ETLE tahap II di Kota Solo akan dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret atau UNS.

"Kemudian juga kita nanti juga meluncurkan ETLE tahap kedua di UNS yang rencananya di pertengahan Juli nanti," ucapnya.

Baca juga: ETLE dan pembuktian kerja Kapolri

Menurut Istiono, peluncuran ETLE tahap II nantinya akan dilakukan di 12 Polda. Kendati demikian, jumlah tersebut masih bisa bertambah lagi.

"Kemungkinan akan dilaksanakan di 12 Polda nanti rencananya, mungkin bisa bertambah bisa berkurang. Mudah-mudahan bisa bertambah terus," katanya.

Dia berharap pelayanan berbasis IT yang menjadi unggulan Korlantas dapat mempermudah masyarakat.

ETLE akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Kemudian, dia juga menyebut layanan ETLE tersebut nantinya akan terhubung dengan kantor TMC masing-masing polres dan polda seluruh Indonesia.

"Harapan kita ETLE juga bertambah nanti, terkoneksi di office-nya TMC masing-masing Polres dan Polda," kata Istiono.

Istiono melakukan peninjauan di TMC Polresta Surakarta, Jawa Tengah (Jateng). Peninjauan itu dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan pemberlakuan Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE tahap II.

Baca juga: Kapolri pimpin peluncuran tilang elektronik nasional

Saat tiba, Istiono langsung mendatangi ruang yang terdapat layar monitor berukuran raksasa. Istiono juga berdialog dengan jajaran Satlantas Polres Surakarta dan membahas ihwal kesiapan ETLE tahap II.

Istiono didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Kushariyanto, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Prof Dr Chryshnanda, dan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksa. Selain itu, terlihat pula Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo turut menemani rombongan.

Sebelumnya, Korlantas Polri telah meluncurkan 12.004 CCTV pada 225 titik di 18 Polda. Selain tahap II, akan ada tahap III perluasan ETLE di 10 Polda.

Terkait layanan lalu lintas dengan sistem ETLE ini, hasil survei menunjukkan 68,9 persen masyarakat puas terhadap tilang dengan sistem ETLE.

Dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, ke depan ETLE akan dikembangkan dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan face recognition sehingga semua bisa terintegrasi dengan big data kepolisian untuk menjawab tantangan Police 4.0 sekaligus mempermudah dan membantu tugas kepolisian dalam menindak pelaku kejahatan.

Baca juga: Peluncuran tilang elek di wilayah Polda NTT ditunda
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021