Jakarta (ANTARA) - PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) yang bergerak di jasa rental kendaraan bekerjasama dengan PT Astra International Daihatsu - BSD Astra Business Center memberi pelatihan kepada 88 mekanik yang bertanggung jawab akan kendaraan-kendaraan yang disediakan oleh MPM Rent.

Vice President of Human Resources & General Affairs MPMRent, Triatmoko NJ mengungkapkan bahwa SDM merupakan aset yang utama dari seluruh kegiatan di MPMRent sebagai penyedia jasa rental dalam melayani pelanggan kami.

Baca juga: MPMRent segarkan website tampilkan empat pilihan armada

"MPMRent secara berkesinambungan memberikan pelatihan dan pengembangan agar seluruh karyawan dapat terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-harinya," kata Triatmoko NJ dalam keterangan resminya Senin.

Adapun para mekanik-mekanik ini diklasifikasikan dalam tiga tingkatan yaitu: Basic, Pro, dan Diagnose Technician. Selain itu, MPMRent juga memiliki dua tenaga assessor kompetensi teknis yang telah tersertifikasi BNSP.

Pelaksanaan training ini terbagi menjadi 2 tahap, yang pertama yaitu pelatihan secara teori yang diadakan di learning studio MPMRent yang bertempat di Head Office MPMRent kawasan BSD, Tangerang Selatan.

Sedangkan pada tahap ke-2 diadakan di MPMRent Learning Center, Bogor, dimana sesi ini seluruh peserta fokus melakukan praktik atau implementasi langsung pada kendaraan atau mesin.

Baca juga: Pengusaha rental mobil lesu dalam kondisi saat ini

"Peningkatan kompetensi perilaku dan kemampuan teknis (keahlian) para karyawan tersebut diberikan dengan berbagai bentuk seperti pelatihan formal, coaching, blended learning (kombinasi online learning dan praktik langsung) secara terstruktur dan berkala, terlebih pada mereka yang terhubung langsung dengan para customer, seperti pengemudi, mekanik, customer service, sales, security, dan receptionist," kata dia.

Workshop Head PT (Daihatsu), Ardie Wardhana, mengatakan bahwa pelatihan ini diadakan sebagai bentuk dukungan dari Astra Daihatsu kepada MPMRent yang merupakan Big Customer Daihatsu.

"Dengan pelatihan ini diharapkan terjadi transfer of knowledge sehingga teknisi MPMRent dapat melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan baik secara khusus Daihatsu maupun kendaraan lain, serta mengatasi masalah secara mandiri apabila ada kendaraan yang mengalami trouble," kata Ardie Wardhana.

Selama pelaksanaan, seluruh peserta dan tim pengajar telah dipastikan berada dalam kondisi sehat dan menjalan protokol kesehatan secara ketat sehingga tidak membentuk klaster COVID-19.

MPMRent saat ini telah memiliki 8 Kantor Cabang, 16 serpo, serta 5 situs, sehingga total keseluruhan 29 touch points di Indonesia. MPMRent saat ini juga memiliki armada sebanyak 13.000-unit yang terdiri dari luxury dan passenger car, kendaraan logistik, serta heavy duty.


Baca juga: Pelaku usaha jasa rental mobil dukung larangan mudik Lebaran

Baca juga: Astra Digital Movic tawarkan sewa mobil biaya mulai Rp11 ribu

Baca juga: Hertz jual setengah juta mobil rental untuk bayar hutang
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021