Palu (ANTARA News) - Taman Makam Pahlawan Kota Palu, Sulawesi Tengah yang berlokasi di Jln Basuki Rahmat, Kecamatan Palu Selatan, mulai berbenah diri menjelang acara renungan suci terkait peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa dini.

Fatmah (31), pengelola Taman Makam Pahlawan (TMP) Palu kepada wartawan di Palu, Senin, mengatakan, pembenahan lokasi taman makam pahlawan itu mulai dilakukan sejak Minggu sore hingga Senin petang.

Pembenahan itu dilakukan dengan membersihkan halaman dan areal makam, baik dari sisi sampahnya maupun pengecatan pusara makam.

"Ya kita benahi semuanya agar upacara renungan suci peringatan hari kemerdekaan malam nanti tepat jam 00.00 Wita itu berlangsung lancar dan sukses," kata Fatmah.

Amatan wartawan, aktivitas di di TMP Palu mulai meningkat sejak dua hari terakhir untuk menyiapkan upacara renungan suci yang biasanya digelar pada detik-detik peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Sebanyak tujuh pekerja yang berstatus sebagai honorer di Pemerintahan Provinsi Sulteng itu tampak sibuk bekerja membersihkan halaman dan menghias taman makam itu dengan berbagai alat yang ada.

Acara renungan suci di taman makam pahlawan itu merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan ke-65 yang dilaksanakan pada tengah malam menjelang pergantian hari 17 Agustus 2010.

Gubernur HB Paliudju bersama sejumlah unsur muspida setempat direncanakan akan menghadiri tabur bunga dan mengheningkan cipta di Taman Makam Pahlawan Palu.

Sementara itu, puncak upacara peringatan Hari Kemerdekaan di Palu akan dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Sulteng, Jln Sam Ratulangi yang dihadiri ribuan warga dari berbagai latar belakang pekerjaan. (ANT106/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010