SAR Gunung Kidul selamatkan wisatawan terseret ombak Pantai Siung

SAR Gunung Kidul selamatkan wisatawan terseret ombak Pantai Siung

SAR Gabungan Gunung Kidul selamatkan wisatawan terseret ombak di Pantai Siung. (Foto ANTARA/HO-Basarnas Yogyakarta)

Kulon Progo (ANTARA) - Tim Pencarian dan Penyelamatan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah I Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelamatkan seorang wisatawan asal Kota Yogyakarta yang terseret ombak di Pantai Siung, Selasa (18/5) siang.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 Gunung Kidul Sunu Handoko di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan kronologi kejadian yakni satu orang terseret ombak di Pantai Siung pada hari ini, pukul 11.10 WIB, ketika korban Noor Hazzam (24), warga Klitren, Kota Yogyakarta bersama kedua temannya tiba di Pantai Siung, korban langsung menuju ke arah batu karang sebelah timur Pantai Siung.

Baca juga: Tim gabungan di Gunung Kidul mencari nelayan terjatuh di laut

Setibanya di bebatuan karang tersebut, korban langsung naik ke bebatuan karang karena ingin melihat kapal nelayan yang masih berada di tengah laut. Namun, pada waktu yang bersamaan datang ombak besar yang menghantam batu karang tersebut dan menyeret korban hingga terjatuh ke laut.

"Kami langsung bergerak menolong korban. Korban Noor Hazzam berhasil diselamatkan Tim SAR Gabungan yang sedang siaga di Pantai Siung," kata Sunu.

Koordinator Pos Basarnas Gunung Kidul Sulis Haryanto mengaku ia mengetahui kejadian tersebut, karena anggota Basarnas dan SAR Satlinmas Wilayah 1 yang saat berjaga di Pantai Siung berlari menuju lokasi kejadian musibah (LKM) dan langsung berenang menghampiri korban dan selanjutnya menyeret korban ke tepi pantai.

"Alhamdulillah, korban berhasil diselamatkan oleh SAR gabungan. Pada kejadian tersebut korban mengalami luka sobek dalam di lutut bagian kiri. Sehingga, korban harus dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis," kata Sulis.

Untuk mengantisipasi hal yang sama, Basarnas dan SAR Satlinmas mengimbau kepada masyarakat yang masih berwisata di pantai selatan DIY tetap harus berhati-hati, jangan bermain di laut terlalu ke tengah mengingat pantai selatan DIY banyak terdapat palung yang bisa menyeret wisatawan yang bermain di laut terlalu ke tengah.

Baca juga: SAR Gunung Kidul mencari nelayan hilang di Pantai Grigak

Baca juga: SAR Gunung Kidul siapkan jalur evakuasi kecelakaan laut


"Kami juga mengimbau wisatawan tetap menaati imbauan-imbauan petugas di lapangan, dan yang paling penting tetap menaati protokol kesehatan, serta tetap patuhi imbauan, baik tertulis yang berada di papan-papan peringatan atau imbauan lisan dari petugas yang berjaga," katanya.
Pewarta : Sutarmi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021