Polri pantau kunjungan wisatawan di Kota Batu saat libur Lebaran

Polri pantau kunjungan wisatawan di Kota Batu saat libur Lebaran

Direktur Registrasi, dan Identifikasi (Dirregident) Korps Lalu Lintas Mabes Polri Brigjen Pol Yusuf (kiri) usai melakukan pengecekan di Pos Lantas Tangguh Semeru Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memantau kunjungan wisatawan di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, pada masa libur Lebaran 2021, di tengah pandemi virus Corona.

Direktur Registrasi, dan Identifikasi (Dirregident) Korps Lalu Lintas Mabes Polri Brigjen Pol Yusuf mengatakan bahwa, kedatangannya di wilayah Kota Batu pada H+1 perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah kali ini bertujuan untuk memantau kegiatan masyarakat khususnya yang melakukan aktivitas wisata di tengah pandemi COVID-19.

“Kita memantau kegiatan masyarakat berkaitan dengan kebijakan pemerintah, untuk larangan mudik, termasuk juga penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata,” kata Yusuf, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

Yusuf mengatakan, berdasarkan pantauan langsung yang dilakukan, saat ini kondisi di wilayah Kota Batu, Jawa Timur dalam situasi yang kondusif. Memang ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Menurut Yusuf, selain penambahan pengunjung yang tidak terlalu signifikan tersebut, tempat-tempat wisata di Kota Batu, juga menerapkan pembatasan jumlah kunjungan, yakni maksimal 50 persen dari total kapasitas yang ada. Kota Batu, merupakan salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Jawa Timur.

“Sejauh ini, tidak terlalu ramai. Di alun-alun ini biasanya kan ramai, ini tidak terlalu ramai. Tempat wisata ada batasan 50 persen, sejauh ini tidak mencapai 50 persen. Ini bagus sosialisasi dan masyarakat mengikuti,” ujar Yusuf.

Menurut Yusuf, pihaknya juga memantau upaya pembatasan dan pengamanan yang dilajukan oleh Polres Batu dalam upaya untuk mendukung kebijakan pemerintah, khususnya pada saat libur Lebaran 2021 di tengah pandemi COVID-19.

Jika nantinya diperlukan, lanjut Yusuf, pihaknya akan memberikan asistensi kepada Polres Batu dalam upaya untuk menerapkan kebijakan pemerintah terkait upaya meminimalisasi penyebaran COVID-19 pada libur Lebaran. Namun, jika upaya telah optimal, Ia menginginkan untuk terus dijalankan.

“Kita dari sini memantau apa yang dilakukan oleh Polres Batu, itu sudah mendukung kebijakan pemerintah. Jika belum akan kita asistensi, kalau sudah akan kita minta untuk terus lakukan,” ujar Yusuf.

Sebagai informasi, jumlah kunjungan wisatawan di Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur, pada H+1 perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah terpantau mengalami peningkatan dibanding dengan hari-hari sebelumnya. Peningkatan tersebut, tidak menyebabkan kepadatan yang signifikan pada Alun-Alun Kota Batu tersebut.

Sementara pada salah satu destinasi wisata lainnya, Jatim Park 3, hanya mengalami sedikit kenaikan kunjungan wisatawan pada libur Lebaran kali ini. Jumlah pengunjung di Jatim Park 3, tercatat hanya sebanyak 250 orang, dari total kapasitas 10 ribu orang.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 1.453 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 1.305 orang dilaporkan telah sembuh, 132 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca juga: Korlantas perketat pengawasan puncak arus balik akhir pekan ini
Baca juga: Layanan RS Polri diarahkan ke IGD selama libur Lebaran

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021