diisolasi bersama istri dan tiga anaknya
Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Seorang buruh migran asal Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur diwajibkan menjalani masa karantina atau isolasi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya karena hasil tes usap PCR menyatakan konfirmasi positif COVID-19.

"Buruh migran ini berinisial NA, dan kini diisolasi bersama istri dan tiga anaknya di Asrama Haji Sukolilo," terang Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tulungagung, Agus Santoso di Tulungagung, Rabu.

NA diwajibkan menjalani proses karantina dalam tempo tujuh hari, dan akan dilakukan tes usap PCR ulang untuk memastikan kesehatannya.

"Jika hasilnya negatif, yang bersangkutan boleh pulang ke Tulungagung. Tapi jika belum, NA harus melanjutkan masa karantinanya," imbuhnya.

Jumlah pekerja migran Indonesia (PMI) asal Tulungagung yang pulang kampung menjelang Lebaran 1442 Hijriah ini terus berdatangan. Hingga berita ini ditulis, tercatat sudah 130 buruh migran yang tiba di Tulungagung. Kedatangan terbanyak pada Selasa (4/5) petang, yakni sebanyak 78 orang.

Untuk mengangkut puluhan buruh migran ini, Pemkab Tulungagung memfasilitasiya dengan menyediakan sarana angkut menggunakan empat bus sekolah, yang rerata diisi 20 orang.

Baca juga: Satu pekerja migran asal Indonesia Lumajang positif COVID-19

Agus Santoso menjelaskan, kepulangan ini mayoritas merupakan bagian dari 1.204 PMI asal Tulungagung yang habis masa kontraknya di Bulan April – Mei.

"Ini bagian dari 1.204 buruh migran yang habis kontrak bulan April-Mei dan dijadwalkan pulang ke Tulungagung secara bergelombang," papar Agus.

Para buruh migran ini menjalani pemeriksaan kesehatan berlapis. Begitu mereka sampai di bandara, mereka terlebih dulu diwajibkan menjalani rapid test antigen dan diisolasi di Asrama Haji Sukolilo selama dua hari.

Jika hasil rapid test antigen negatif, mereka akan diperbolehkan pulang dengan dijemput Pemkab Tulungagung.

Baca juga: Ketua DPD dorong prosedur karantina bagi pekerja migran yang kembali

Sesampainya di Disnaker Tulungagung, seluruh PMI kembali diperiksa kesehatannya. Meskipun sebelum terbang dan sesampainya di Indonesia mereka telah menjalani rapid antigen.

Untuk penjemputan, mereka akan dijemput oleh pemerintah desa masing-masing atau camat daerah asalnya.

Selanjutnya para buruh migran ini akan menjalani karantina di lokasi yang disiapkan di masing-masing desa, menggenapi masa karantina selama lima hari.

Jika sudah dinyatakan sehat, maka mereka bisa kembali berkumpul dengan keluarganya, namun tetap harus melanjutkan prosedur karantina mandiri selama 14 hari di rumah tanpa berinteraksi dengan orang luar. 

Baca juga: 3.636 pekerja migran di Jatim diisolasi, 33 orang positif COVID-19
Baca juga: Sebagian pekerja migran yang dikarantina di Pamekasan dipulangkan

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021