kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Minggu yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Minggu, disampaikan provinsi yang berpotenssi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, yakni Aceh, Banten, Bengkulu, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Baca juga: Cek wilayah Indonesia berikut yang berpotensi hujan sedang-lebat

Kemudian, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

BMKG menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Aceh bagian utara dan perairan Utara Papua Barat - Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Pesisir Barat Sumatera Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat dan di Papua Barat.

Baca juga: Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo guncang Banda Aceh

Baca juga: Penelitian awal gempa Samosir digagas bersama BMKG-USK-Aceh Besar


Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatera Utara hingga Pesisir Barat Aceh, di Selat Malaka bagian Utara, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan utara hingga Selat Karimata, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tenggara, Selat Makassar bag Tengah hingga Kalimantan Tengah bagian Selatan dan di Maluku.

Sementara daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut Sulawesi dan di perairan Utara Papua Barat.

BMKG menyampaikan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Baca juga: Hujan lebat disertai kilat diprakirakan terjadi di beberapa wilayah

Baca juga: BMKG Banjarnegara kembangkan aplikasi sirine tsunami berbasis android

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021