Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menambah kuota di sejumlah Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yakni Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, dan Institut Pertanian Bogor.

“Kami mengimbau bagi siswa, calon peserta UTBK untuk segera melakukan pendaftaran sampai cetak kartu pendaftaran peserta, karena pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 akan ditutup pada 1 April 2021,” ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Prof Mohammad Nasih di Jakarta, Selasa.

Baca juga: LTMPT sebut pemilihan Pusat UTBK tidak terkait dengan PTN tujuan

Baca juga: LTMPT minta peserta UTBK segera simpan permanen dan cetak kartu


Nasih berharap dengan penambahan kuota tersebut, dapat menampung peserta UTBK di daerah sekitar Pusat UTBK itu. Pemilihan Pusat UTBK tidak berkaitan dengan PTN tujuan.

Pada saat pelaksanaan UTBK, peserta harus datang ke Pusat UTBK tersebut. Oleh karena itu, pastikan yakin bisa melakukan ujian di Pusat UTBK yang dipilih. Peserta diminta untuk memilih Pusat UTBK yang terdekat dengan domisili, dimana peserta sekarang berada untuk menghindari mobilisasi antarkota atau provinsi.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN dibuka mulai 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Pelaksanaan UTBK diselenggarakan dua gelombang, yakni gelombang satu pada 12 April hingga 18 April 2021 dan gelombang dua pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN pada 14 Juni 2021.

Calon peserta hanya akan mengikuti ujian satu kali. Peserta UTBK-SBMPTN dapat memilih lokasi ujian atau Pusat UTBK pada saat proses pendaftaran pada laman pendaftaran UTBK. Pendaftaran UTBK- SBMPTN 2021 dilakukan melalui laman portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id dan diakses dengan menggunakan akun LTMPT siswa.

Baca juga: Peserta hanya ikuti UTBK sebanyak satu kali

Baca juga: Pendaftaran UTBK- SBMPTN dibuka mulai 15 Maret


Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021