Kupang (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Nusa Tenggara Timur (NTT) menunjuk Akademi Bintang Timur Atambua (BeTA) kabupaten Belu menjadi tuan rumah turnamen piala Soeratin-15.

Direktur Akademi Bintang Timur Atambua Joao Fransisco Leki di Kupang, Selasa, mengatakan segala persiapan sudah dilakukan saat ini.

"Pada dasarnya, kita siap menjadi tuan rumah penyelanggaraan turnamen piala Soeratin-15 pada Juni 2021 mendatang. Berbagai persiapan sudah kita lakukan semenjak kami ditunjuk sebagai tuan rumah," kata Joao.

Salah satunya adalah lapangan sepak bola yang bertaraf internasional sebagai lokasi pertandingan dalam rangka mencari anak-anak usia dini yang berbakat dalam dunia sepak bola.

Selain itu, lapangan yang disiapkan juga sudah disertai dengan lampu dan tribun serta fasilitas lainnya yang dapat memberikan kenyamanan bagi para pemain.

"Untuk kapasitas lapangan, tergantung dari jumlah peserta yang akan mendaftar mengikuti turnamen ini. Kalau memang banyak, kita akan gunakan stadion Haliwen, atau juga lapangan di Atambua," tutur dia.

Baca juga: PSSI persilakan Asprov tidak gelar Liga 3 dan Piala Soeratin 
Baca juga: Pengusulan Soeratin jadi pahlawan nasional tandai 90 tahun PSSI 


Tetapi pada dasarnya, Asprov PSSI NTT siap menjadi panitia dalam pelaksanaan turnamen yang bertujuan mencari bibit-bibit muda berbakat dalam sepak bola itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan pendaftaran akan dimulai pada 1 April mendatang.

Dihubungi secara terpisah, pemilik BeTA Farry Djemi Francis menuturkan bahwa penunjukan BeTA sebagai tuan rumah atau sebagai penyelenggara turnamen itu merupakan suatu penghargaan yang sangat luar biasa.

"Karena biasanya yang menyelenggarakan turnamen ini adalah Pemda setempat. Tetapi baru kali ini piala Soeratin penyelenggaranya adalah klub sepak bola," tambah dia. 

Farry yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas Pelajar Kemenpora itu mengungkapkan kesempatan tersebut menjadi momen berharga bagi para peserta, khususnya anak-anak usia dini, untuk bermain di lapangan yang sudah diakui sebagai lapangan bertaraf internasional itu.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi PSSI Provinsi NTT Lambertus Ara Tukan optimistis menunjuk BeTA sebagai tuan rumah turnamen Piala Soeratin-15 pada Juni mendatang. 

"Kita harapkan panitianya bisa bekerja maksimal menyukseskan turnamen ini demi mendapatkan pemain-pemain muda berbakat dari NTT," tutur dia. 

Baca juga: Juara Piala Soeratin, tim PSP Padang U-15 diarak keliling kota 
Baca juga: Timnas U-16 hadapi juara Piala Soeratin setelah kontra India ditunda 

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021