Sebelumnya, seluruh Airport Health Center hanya dipergunakan untuk calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II membuka layanan tes COVID-19 di Airport Health Center Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta untuk umum per 27 Desember 2020.

Director of Commercial PT Angkasa Pura Solusi, Yundriati Erdani mengatakan kapasitas per hari Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum adalah 600 - 700 orang untuk tes dengan walk in service, dan 150 orang untuk tes dengan drive thru tes.

PT Angkasa Pura Solusi merupakan anak usaha PT Angkasa Pura II yang melakukan pengawasan operasional dari Airport Health Center.

"Sebelumnya, seluruh Airport Health Center hanya dipergunakan untuk calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan. Mulai besok, khusus Airport Health Center di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk melakukan tes COVID-19," katanya.

Layanan tes COVID-19 di Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum ini tersedia untuk walk in service (24 jam) dan drive thru service (08.00 - 20.00). Tarif untuk rapid test antigen sebesar Rp200.000 dan PCR test Rp800.000.

PT Angkasa Pura II berharap Airport Health Center Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta yang membuka layanan untuk umum ini dapat mendukung semakin banyaknya pelaksanaan testing COVID-19 khususnya di wilayah sekitar bandara.

"Airport Health Center berupaya mendukung pelaksanaan tes COVID-19 bagi masyarakat umum di sekitar bandara. Di sisi lain, kami juga optimistis bahwa kebijakan ini tidak akan mengganggu pelaksanaan tes COVID-19 bagi calon penumpang pesawat," ujar Yundriati.

Apabila Airport Health Center di Terminal 1 membuka layanan bagi masyarakat umum, maka masih terdapat enam titik Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta khusus bagi calon penumpang pesawat untuk melakukan tes COVID-19.

Airport Health Center dioperasikan oleh Kimia Farma dan Indofarma. Tujuan dari Airport Health Center ini adalah mendukung penerbangan sehat dan membantu calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi.

Pada 18 - 24 Desember 2020, calon penumpang pesawat yang melakukan rapid test antigen di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 40.000 calon penumpang.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan angka itu tergolong cukup tinggi, di mana hanya dalam tujuh hari sudah dilakukan tes terhadap sekitar 40.000 calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

"Dan, yang cukup penting juga adalah pelaksanaan tes COVID-19 berjalan lancar dan sama sekali tidak mengganggu jadwal penerbangan," katanya.

Baca juga: Menhub apresiasi pelaksanaan tes COVID di Bandara Soekarno-Hatta
Baca juga: AP II imbau calon penumpang gunakan "pre-order service" tes COVID-19

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020