Jakarta (ANTARA/JACX) - Pesan berantai di aplikasi WhatsaApp serta unggahan di media sosial menampilkan gambar sampul Majalah Tempo berjudul "Sang Dalang Perusak Bhinneka", pada pekan kedua Desember 2020.

Dalam ggambar yang diklaim sebagai sampul majalah berita Tempo itu, terlihat ilustrasi tokoh yang menyerupai mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Gambar dengan latar putih itu turut memperlihatkan karikatur menyerupai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penyidik Komisi Peberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, serta Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Tertulis pula narasi berikut dalam sampul tersebut:

"Rekaman suara Danny Pomanto membongkar keterlibatan Jusuf Kalla dalam strategi menjatuhkan wibawa pemerintah Indonesia dan mengamankan jaringan bisnis keluarga. Gerindra disusupi 'HMI Connection' yang pro Habib Rizieq".

Namun, apakah Majalah Tempo memang benar mengeluarkan sampul majalah dengan judul "Sang Dalang Perusak Bhinneka" itu?

Penjelasan:
Melalui akun Twitter @temponewsroom, pengelola Majalah Tempo menyatakan bahwa gambar sampul yang menampilkan karikatur Jusuf Kalla tersebut merupakan unggahan hoaks.

Media yang berkantor pusat di Palmerah, Jakarta Selatan itu, tidak membuat sampul majalah mereka dengan gambar karikatur Jusuf Kalla berikut judul majalah sebagaimana dalam unggahan hoaks itu.

"Ini hoax ya tweeps! Nantikan edisi terbaru Majalah Tempo yang terbit setiap hari minggu," demikian isi cuitan @temponewsroom pada Rabu (9/12).

Dari penelusuran ANTARA, sampul Majalah Tempo dengan edisi terbit pada 7-13 Desember 2020 berjudul "Outlook Ekonomi 2021: Saatnya Berubah"
 
Tangkapan layar hoaks yang menampilkan sampul Majalah Tempo dengan judul "Sang Dalang Perusak Bhinneka". (WhatsApp)
 
Tangkapan layar sampul Majalah Tempo edisi terbit pada 7-13 Desember 2020 (Twitter/@temponewsroom)


Klaim: Majalah Tempo tampilkan ilustrasi Jusuf Kalla dengan judul "Sang Dalang Perusak Bhinneka"
Rating: Salah/Disinformasi
 
Baca juga: Jokowi dalam bayang Denny Siregar di sampul Majalah Tempo? Ini faktanya

Baca juga: PDI Perjuangan respon karikatur Jokowi di Majalah Tempo

Baca juga: Revisi UU KPK yang baru - KNPI sesalkan cover Majalah Tempo

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020