Kami juga sedang menggodok Kabupaten Kepulauan​​​​​​​ Selayar upaya agar bisa ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi  Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bertekad dan fokus untuk mewujudkan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai daerah wisata andalan di daerah itu.

"Kami terus membangun infrastruktur jalan, pengembangan pertanian jeruk khas Selayar, mendukung perikanan dan kelautan, kebutuhan dasar kepulauan serta sektor pariwisata," kata Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Senin .

Pada Minggu (29/11) 2020 secara virtual diringati Hari Kadi Kabupaten Kepulauan Selayar ke-415.

Wagub mengatakan pihaknya juga sedang menggodok Kabupaten Kepulauan Selayar upaya agar bisa ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Jadi, sinergi terus akan terbangun demi Selayar yang maju dan lebih baik," katanya.

Ia menjelaskan, program KEK di Kepulauan Selayar saat ini sedang dikaji. "Salah satunya yang saya inginkan dapat diwujudkan, Selayar sebagai lokasi wisata andalan Sulsel," ujarnya.

Pemprov Sulsel, kata dia, terus mendorong terselesaikannya sejumlah masalah yang dihadapi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya soal listrik di wilayah kepulauan.

Selain itu, juga mendorong telekomunikasi dan sistem air minum yang ada di kepulauan.

"Pemerataan keadilan pembangunan harus ditegakkan sesuai sila ke-5 Pancasila. Pelayanan dasar di kepulauan harus terjamin, terutama pendidikan dan kesehatan," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Pjs Bupati Kepulauan Selayar Asriady Sulaiman menyatakan mencermati kondisi dan potensi di wilayah tersebut dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, diperhadapkan berbagai tantangan sekaligus sebagai peluang untuk dikembangkan.

Ia mengatakan, berangkat dari dukungan provinsi dan pusat serta ketersediaan potensi sumber daya alam yang mumpuni, maka Pemkab Selayar telah memilih bidang kepariwisataan dan bidang kelautan serta perikanan sebagai lokomotif pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat.

Sedangkan untuk jangka menengah dan jangka panjang, diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi, baik pada tingkat Provinsi Sulsel maupun pada tingkat nasional.

Menyinggung soal RPJMD Sulsel, KEK Pariwisata Selayar diproyeksikan dapat menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulsel yang diharapkan dapat memberikan kontribusi peningkatan pertumbuhan ekonomi ke depan, demikian . Asriady Sulaiman,


Baca juga: ASITA dukung pengembangan destinasi wisata Kepulauan Selayar

Baca juga: Upaya mengembalikan kejayaan Jeruk Selayar

Baca juga: Kapal Arka Kinari bertolak dari Banda menuju Pulau Selayar

Baca juga: Pelindo IV lakukan modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020