Palembang (ANTARA) - Sebanyak 1.525 peserta mengikuti ajang balap sepeda Ranau Gran Fondo 2020 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang menjadi upaya pemerintah setempat untuk memulihkan kembali ekonomi dan pariwisata yang terdampak COVID-19.

Rilis pers yang diterima Antara, Senin, peserta yang ambil bagian pada kegiatan yang dihelat di kawasan destinasi wisata Danau Ranau ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar negeri seperti Amerika Serikat.

“Ini menjadi tonggak awal perbaikan dan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19 saat ini," kata Gubernur Sumsel Herman Deru saat melepas langsung para goweser tersebut.

Jumlah peserta pada tahun ini jauh lebih meningkat jika dibandingkan Sriwijaya Ranau Gran Fondo perdana pada 2019.

Selain untuk menjaring bibit atlet pesepeda berbakat, Sriwijaya Ranau Gran Fondo digelar sebagai upaya mengenalkan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Sumsel sekaligus juga mendorong perekonomian masyarakat.

Menurutnya, dampak dari Sriwijaya Ranau Gran Fondo juga sangat besar bagi masyarakat seperti tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga meningkatnya ekonomi masyarakat.

"Saya lihat di daerah ini masyarakatnya sudah menyediakan penginapan dan sarapan pagi untuk wisatawan,” kata dia.

Ini merupakan suatu peningkatan dan terciptanya lapangan kerja baru seperti menjadi pemandu wisata Danau Ranau ini.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemprov Sumsel juga terus mendorong peningkatan infrastruktur di kawasan Danau Ranau agar para wisatawan semakin nyaman mengunjungi danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba ini.

Walau demikian, masyarakat juga harus terus mengembangkan potensi pertanian kopi di OKU Selatan yang mungkin dapat dijadikan sebagai cinderamata oleh wisatawan untuk dibawa ke daerahnya.

”Pelaksanaan Sriwijaya Ranau Grand Fondo ini berkesinambungan setiap tahun dengan menjadi agenda pariwisata nasional,” kata dia.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Rizki Handayani pun mengaku takjub dengan gelaran Sriwijaya Gran Fondo yang merupakan inisiasi Gubernur Sumsel ini.

"Saya sendiri bangga dengan kegiatan ini. Sangat luar biasa dan pesertanya begitu banyak," kata dia.

Gelaran even Sriwijaya Gran Fondo 2020 dengan kategori road bike dua putaran dimenangkan oleh atlet nasional Jauhari Johan yang menduduki juara pertama, juara kedua diduduki oleh Rian Septiawan dan di posisi ketiga diduduki Rio Lambudi.

Sedangkan kategori MTB ditempat pertama diraih Zainal Fanani dari Kabupaten Lumajang Jawa Tengah, juara dua Maydanil Arhan asal Sumsel dan juara ketiga Ade Agung asal Kabupaten Lahat Sumsel.

Baca juga: Danau Ranau Telah Aman dari Pencemaran Belerang
Baca juga: BBWS VIII mulai timbun tubuh Bendungan Tiga Dihaji Sumsel

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020