CHSE (Cleanliness, Hygiene, Sanitation, and Environment) yakni protokol dengan standar kebersihan, kesehatan, sanitasi, dan lingkungan merupakan program Kemenparekraf yang saat ini sedang disosialisasikan.
Bogor (ANTARA) - Baru ada lima hotel di Kota Bogor yang telah diaudit dan disertfikasi CHSE, dan nantinya semua hotel wajib memiliki sertifikat CHSE

"Saat ini baru ada lima hotel di Kota Bogor yang memiliki sertifikat CHSE, termasuk Hotel Asana Grand Pangrango," kata General Manager Hotel Asana Grand Pangrango Eka Gartika  kepada ANTARA melalui telepon selulernya, Minggu.

CHSE (Cleanliness, Hygiene, Sanitation, and Environment) yakni protokol dengan standar kebersihan, kesehatan, sanitasi, dan lingkungan, adalah program pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang saat ini sedang disosialisasikan.
Baca juga: Kementerian Pariwisata dorong pelaku wisata terapkan protokol CHSE

Hotel Asana Grand Prangrango dinyatakan memenuhi memenuhi 76 indikator CHSE dan mendapat rekomendasi memuaskan dari auditor pada Jumat (13/11) kemarin. "Nantinya, semua hotel wajib memiliki sertifikat CHSE sebagai jaminan penerapkan prokotol kesehatan berbasis CHSE," katanya.

Eka Gartika menjelaskan, pada pandemi COVID-19 saat ini dinamikanya, bahwa usaha hotel harus menyediakan fasilitas protokol kesehatan dan pemerintah saat ini memprogramkan protokol kesehatan berbasis CHSE.

Dengan adanya program CHSE ini, menurut dia, beberapa kementerian dan lembaga sudah mulai menerapkan aturan untuk kegiatan rapat atau kegiatan lainnya dari kementerian dan lembaga tersebut, memilih hotel bersertifikat CHSE.

"Kementerian dan lembaga maupun perusahaan, nantinya akan membuat persyaratan untuk kegiatan-kegiatan di hotel adalah hotel-hotel yang telah bersertifikat CHSE," katanya.
Baca juga: Peserta "We Love Bali" kampanyekan CHSE di Nusa Penida dan Lembongan

General Manager hotel tiga bintang di Kota Bogor ini menjelaskan, hotel yang menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal, ketat, dan konsisten, tujuannya untuk melindungi kesehatan semua pihak, baik karyawan maupun customer, sehingga berdampak menciptakan kepercayaan kepada publik.

Adanya sertifikat CHSE ini, menurut da, juga dapat meningkatkan btranding untuk bisnis berkelanjutan. "Sertifikasi CHSE inilah programnya untuk menilai apakah hotel dan rstoran sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan konsisten atau belum," katanya.

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan sosialisasi CHSE kepada pelaku usaha sektor hotel dan restoran Kota Bogor, di Kota Bogor, pada 13-14 November 2020.
Baca juga: Kemenparekraf rumuskan strategi pemasaran wisata selam saat pandemi

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020