Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Mallarangeng akan segera melaporkan hasil Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) atau lebih dikenal dengan Rekomendasi Malang kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Rekomendasi Malang telah disiapkan. Selanjutnya kami laporkan ke presiden sebagai bentuk pertanggungjawaban kami atas pelaksanaan kongres," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Menurut dia, dengan adanya rekomendasi semua pihak terkait mulai dari Kemepora (mewakili pemerintah), PSSI maupun KONI harus segera melaksanakannya sesuai dengan butir-butir yang tertuang dalam rekomendasi.

Dengan dilaksanakannya rekomendasi itu, kata dia, peluang untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia akan terus terbuka dengan syarat semuanya dilaksanakan dengan maksimal.

"Semua pihak terkait harus menindaklanjuti hasil kongres di Malang termasuk PSSI. Jika PSSI tidak mau menjalankan sangat keterlaluan," katanya menambahkan.

KSN di Malang Jawa Timur 30-31 Maret 2010 ide awalnya datang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang prihatin atas prestasi sepak bola Indonesia. Selanjutnya kegiatan ini digelar oleh empat elemen yaitu Kemenpora, KONI, PWI dan PSSI..

Dari KSN itu diperoleh tujuh rekomendasi yang tertuang dalam Rekomendasi Malang yang berisi :
  1. PSSI perlu segera melakukan reformasi dan restrukturisasi atas dasar usul, saran dan kritik serta harapan masyarakat dan mengambil langkah-langkah konkret sesuai aturan yang berlaku untuk mencapai prestasi yang diharapkan masyarakat.
  2. Perlu adanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur olah raga khususnya sepak bola.
  3. PSSI perlu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi dengan stakeholder terutama KONI dan pemerintah.
  4. Dilakukan pembinaan sejak usia dini melalui penanganan secara khusus melalui pendekatan Iptek, dengan melibatkan tim yang terdiri dari dokter, psikolog, pemandu bakat dan pakar olah raga serta perlu segera disusun kurikulum standar nasional untuk penyelenggaraan Sekolah Sepak Bola, PPLP, dan PPLM Sepak Bola.
  5. Metode pembinaan atlet pelajar/muda supaya juga memperhatikan pendidikan formalnya.
  6. Pemerintah menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih diperlukan untuk stimultan)
  7. Perlu segera disusun dan dilaksanakan program pembinaan prestasi yang fokus kepada pembentukan tim nasional untuk menjadi juara dalam SEA Games 2011.
(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010