Pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini dengan kode PPU 132, wanita berusia 40 tahun yang tinggal di RT 03, Perumahan Korpri, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam
Penajam, Kaltim (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur menyatakan jumlah pasien yang positif COVID-19 di calon Ibu Kota negara yang baru itu naik menjadi 132 orang setelah ada tambahan satu orang yang sebelumnya berstatus suspek pada Minggu (25/10) ini terkonfirmasi positif.

 "Pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini dengan kode PPU 132, wanita berusia 40 tahun yang tinggal di RT 03, Perumahan Korpri, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU Arnold Wayong di Penajam, Minggu.
 
Ia menjelaskanrincian dari 132 pasien COVID-19 itu adalah terdapat empat orang masih dirawat di rumah sakit, sembilan orang menjalani isolasi mandiri, enam orang meninggal, dan terdapat 113 pasien telah dinyatakan sembuh.
 
Wayong yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU itu menambahkan pada Minggu ini juga terdapat satu orang suspek, sehingga total jumlah suspek di kabupaten ini sejak 22 Maret hingga 25 Oktober ini mencapai 1.224 kasus.
 
Dari 1.224 kasus/orang yang suspek tersebut, lanjut dia, mereka yang menjalani isolasi mandiri tercatat ada 21 orang, kemudian suspek yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Putri Aji Ratu Botung Penajam tercatat ada tiga orang, dan suspek yang meninggal dengan komorbid ada delapan orang.
 
Jika kasus suspek ini dirinci per kecamatan, maka di Kecamatan Penajam terdata 524 kasus, di Kecamatan Waru terdapat 122 kasus, Kecamatan Babulu ada 170 kasus, dan di Kecamatan Sepaku terdapat 72 kasus.
 
Untuk kasus probable adalah di Kecamatan Penajam terdapat 90 kasus, di Waru ada 11 kasus, Babulu terdapat 66 kasus, dan di Kecamatan Sepaku terdapat 21 kasus.
 
Sementara kasus positif COVID-19 per kecamatan dan perkembangannya adalah di Penajam saat ini masih ada delapan orang yang positif, ada 63 orang sembuh, dan terdapat empat orang telah meninggal dunia.
 
"Kecamatan Waru yang pernah ada 19 positif, semuanya telah sembuh, di Babulu masih ada tiga orang positif, 22 orang sembuh, seorang meninggal, di Sepaku ada dua orang positif, sembilan orang sembuh, dan seorang meninggal," demikian Arnold Wayong. 

Baca juga: Tambah 10, positif COVID-19 Penajam Paser Utara-Kaltim naik 117 kasus

Baca juga: 30 desa di Kabupaten Penajam aktif tangkal COVID-19

Baca juga: 11 warga Penajam Paser Utara positif virus corona dinyatakan sembuh

Baca juga: Petugas periksa ketat orang masuk wilayah Penajam Paser Utara

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020