Jakarta (ANTARA) - Lima hari setelah muncul laporan Tyronn Lue sedang menuntaskan kesepakatan guna menjadi pelatih kepala Los Angeles Clippers, tim ini memastikan kepindahan itu Selasa waktu setempat.

Clippers kabarnya akan memperkenalkan Lue dalam konferensi pers Rabu pagi.

Lue baru-baru ini menjadi asisten pelatih terbaik Clippers di bawah Doc Rivers yang dipecat 29 September setelah tim ini menyianyiakan keunggulan 3-1 dan tersingkir dari playoff putaran kedua melawan Denver Nuggets.

Baca juga: Clippers umumkan penghentian kontrak Doc Rivers
Baca juga: Tyronn Lue merapat ke Clippers jadi asisten pelatih

Lue yang berusia 43 tahun adalah pelatih kepala Cleveland Cavaliers saat menjuarai NBA bersama LeBron James pada 2016. Lue membukukan rekor menang-kalah 128-83 selama empat musim di Cleveland.

Presiden operasi bola basket Clippers Lawrence Frank mengatakan, "Ty sudah berada di tempat yang kami inginkan."

"Sebagai pelatih kepala, Ty akan memberi jejak unik kepada organisasi ini dan melontarkan kami ke ketinggian baru," sambung Frank seperti dikutip Reuters.

Lue sendiri menyatakan, "Kami menghadapi tugas yang harus dikerjakan agar menjadi juara, tetapi kami memiliki motivasi, alat, dan dukungan untuk mencapainya. Saya bersemangat untuk memulai."

Dipimpin oleh Kawhi Leonard dan Paul George, Clippers finis urutan kedua Wilayah Barat pada musim 2019-2020 dengan catatan menang-kalah 49-23.

Mereka mengalahkan Dallas Mavericks dalam putaran pertama playoff, tetapi dihadang Denver pada babak kedua.

Lue bermain sebagai point guard untuk tujuh tim NBA selama 11 tahun karir sewaktu menjadi pemain dengan rata-rata 8,5 poin dan 3,1 assist. Dia adalah bagian dari tim Los Angeles Lakers yang menjuarai musim 2000-2001.

Baca juga: Rockets wawancarai Van Gundy untuk jadi pelatih
Baca juga: Lakers juara NBA 2020 setelah kalahkan Heat di game keenam
Baca juga: LeBron James melakukannya lagi dengan caranya sendiri

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020