Medan (ANTARA) - Kebakaran yang melanda gedung laboratorium Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (Unimed) di Jalan William Iskandar Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Selasa pagi, juga menghanguskan mobil Andaliman, mobil hemat energi karya mahasiswa di perguruan tinggi itu.

Humas Unimed Muhammad Surif ketika dikonfirmasi, Selasa, membenarkan terbakarnya mobil Andaliman, karena saat kejadian berada di ruang sudut laboratorium.

Ia menyebutkan, ruangan yang terbakar itu, hanya sebahagian kecil dan berada di laboratorium mesin.

"Kebakaran diketahui Satpam Unimed sekira pukul 05.00 WIB, dan langsung ditangani petugas pemadam kebakaran," ujarnya.

Baca juga: Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan terbakar

Surif menjelaskan, setelah 15 menit kemudian api berhasil dipadamkan.

Akibat kebakaran tersebut, sejumlah alat-alat praktik mahasiswa hangus terbakar, dan jumlah kerugian belum diketahui.

"Tidak ada korban jiwa dan luka-luka, saat terjadinya kebakaran tersebut.Dan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik," katanya.

Ia mengatakan, akibat kejadian itu, pihak universitas akan segera mencari tempat lain untuk praktek jurusan mesin.

"Mahasiswa tidak perlu khawatir, kegiatan perkuliahan praktik masih tetap bisa dilaksanakan seperti biasanya dengan baik, dan lancar," ujar Humas Unimed Muhammad Surif.

Ia menyebutkan, ruangan yang terbakar adalah laboratorium mesin paling ujung, biasa digunakan mahasiswa praktik bengkel bubut dan las.

Sebelumnya, Universitas Negeri Medan mengirimkan Tim mahasiswa Fakultas Teknik (FT) yang tergabung dalam Tim Andaliman mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UNM).Tim Andaliman FT yang mengikuti event tersebut berjumlah 8 orang dan didampingi Dosen Pembimbing Ir Batumahadi Siregar MT.

Baca juga: Unimed laksanakan kuliah online antisipasi virus corona
Baca juga: Rektor: Unimed terima 7.000 mahasiswa baru tahun 2020


 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020