Medan (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, 68 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi Universitas Sumatera Utara (USU) untuk membuktikan komitmen dan kontribusinya terhadap dunia pendidikan serta masyarakat.

"Selamat atas Dies Natalis ke-68 USU, perayaan ini merupakan momentum untuk melakukan refleksi segala hal yang telah dicapai," ujar Nadiem, dalam sambutannya melalui live streaming (daring) pada Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) ke-68, di Medan, Senin.

Ia menyebutkan, sejalan misi USU untuk menghasilkan lulusan yang menjadi pelaku perubahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: USU tempati peringkat sembilan peminat terbanyak nasional SBMPTN 2020

"Saya mengajak civitas akademika USU dan lulusannya untuk terus berkiprah di segala bidang dan menjadi yang terbaik pada bidangnya.Kembalilah ke kampus dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan dari dunia luar," ujarnya.

Nadiem mengatakan, semangat Kampus Merdeka adalah untuk menghadirkan sebanyak mungkin praktisi,lulusan-lulusan terbaik di dalam kampus serta mengirimkan mahasiswa dan dosen ke luar kampus.

Baca juga: Rektor USU Runtung Sitepu sembuh dari COVID-19

"Ini sangat penting agar lulusan USU betul-betul siap kerja.Tidak hanya menguasai teori, tetapi juga bisa berkontribusi.Yang terpenting agar lulusan USU merdeka dalam berpikir dan selalu belajar sepanjang hayat," jelasnya.

​​​​​​​Mendikbud juga berharap agar USU tetap bersinergi dalam mengimplementasikan Kampus Merdeka.

"Semoga USU tetap mengawal kemajuan ilmu pengetahuan dan para lulusannya mampu menjadi penggerak masyarakat serta mampu bersaing secara global," katanya.

Baca juga: Kemendikbud sumbang PCR untuk RS USU Medan dukung pemeriksaan COVID-19
Baca juga: USU terima 2.261 mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020