Gunung Kidul (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam waktu 24 jam terakhir bertambah tujuh kasus sehingga total menjadi 283 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan hari ini, peningkatan kasus COVID-19 cukup tinggi, yakni sebanyak tujuh kasus baru, setelah pada Selasa (13/10) bertambah tiga kasus.

Adapun kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yakni laki-laki umur 66 tahun dari Kapanewon Nglipar yang memiliki riwayat pelaku perjalanan, laki-laki umur 41 tahun dari Kapanewon Wonosari memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, laki-laki umur 38 tahun dari Kapanewon Wonosari memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Selanjutnya, perempuan umur 60 tahun dari Kapanewon Wonosari memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, perempuan umur 37 tahun dari Kapanewon Wonosari memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, laki-laki umur 43 tahun dari Kapanewon Semanu memiliki riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, dan anak perempuan umur 25 bulan dari Kapanewon Semanu memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Gunung Kidul capai 258 orang

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Gunung Kidul bertambah 7 orang


"Hari ini, penambahan kasus dari Kapanewon Wonosari empat kasus sendiri, dan lainnya adalah pelaku perjalanan, dan lainnya masih dalam pelacakan riwayatnya," kata Dewi.

Ia mengatakan sampai saat ini, berdasarkan data Dinas Kesehatan Gunung Kidul total suspek sebanyak 1.848 dengan rincian 1.766 discarded, 29 dalam pemantauan, empat dirawat, 35 meninggal dunia. Selanjutnya, total total pemeriksaan spesimen sebanyak 6.057 dengan rincian 5.498 hasil negatif, 283 konfirmasi positif, dan 276 spesimen dalam proses.

Dari 283 kasus konfirmasi, sebanyak 231 kasus sembuh, 41 kasus dalam perawatan dan 11 kasus meninggal dunia.

"Upaya di bidang kesehatan sudah optimal dengan 3T (testing, tracing, dan treatment). Kami berharap dukungan maksimal dari semua sektor dalam pencegahan penularan tentu bersama gugus tugas yakni meningkatkan disiplin 3 M (memakasi masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan)," kata Dewi.*

Baca juga: Dinkes Gunung Kidul masih melakukan swab massal di lokasi berisiko

Baca juga: Tambah empat, positif COVID-19 di Gunung Kidul-DIY naik jadi 232 kasus

Pewarta: Sutarmi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020