Jambi (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jambi menyerahkan penyelidikan dan pemeriksaan atas tindakan perusakan dan pelemparan batu yang terjadi pada Rabu sekitar pukul 11.00 WIB yang dilakukan sekelompok orang kepada pihak kepolisian.

"Kami serahkan penyelidikan dan pemeriksaan aksi anarkis di kantor DPRD Kota Jambi kepada pihak kepolisian," kata Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan di Jambi.

Baca juga: Gedung DPRD Kota Jambi dilempari batu

Penyelidikan dan pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan maksud dan tujuan aksi anarkis yang diduga dilakukan oleh para pelajar di Kota Jambi. Namun belum dapat dipastikan apakah pelaku tindak anarkis tersebut merupakan pelajar atau bukan.

"Kami buat laporan resmi kepada pihak Polda dan Polresta, kami serahkan kepada yang berhak untuk mengeceknya. Kalau memang benar kami minta pertanggungjawaban dari mereka sesuai dengan hukum walaupun mereka katanya masih pelajar," kata Putra Absor Hasibuan.

Aksi anarkis yang diduga dilakukan oleh pelajar tersebut dilakukan secara mendadak. Sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait aksi tersebut.

Dijelaskan Putra Absor, biasanya jika ada aksi demonstrasi akan ada pemberitahuan. Biasanya pemberitahuan berupa surat tertulis disampaikan sebelum aksi demonstrasi dilaksanakan.

"Siapapun yang demo ke DPRD pasti ada surat, ini tidak ada bersurat, tahu-tahu masuk dan merusak segala macam," kata Putra Absor Hasibuan.

Baca juga: Pelempar gedung DPRD Kota Jambi diperkirakan berusia pelajar SMA

Tidak ada korban jiwa dari aksi anarkis yang dilakukan di Kantor DPRD Kota Jambi tersebut, namun sejumlah kendaraan roda dua ada yang alami kerusakan akibat tindak anarkis tersebut.

"Kita serahkan kepada pihak kepolisian untuk melakukan pemeriksaan," kata Putra Absor Hasibuan.

Sebelumnya, tindakan anarkis tersebut dilakukan di kantor DPRD Kota Jambi oleh sekelompok masa. Dari rekaman video dan foto yang beredar, sejumlah masa mengenakan seragam SMA.

Secara tiba tiba, sekelompok masa tersebut melakukan perusakan terhadap sejumlah fasilitas di kantor DPRD Kota Jambi. Diantaranya pintu utama dan jendela pecah dan pagar DPRD Kota Jambi rubuh.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020