Telkom hadir mendukung pengembangan ekosistem desa digital demi ekonomi desa yang berkelanjutan.
Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menilai pengembangan 'smart village' atau desa cerdas di Indonesia dapat mendorong peningkatan aktivitas dan produktivitas ekonomi di desa-desa.

Direktur Enterprise & Business Telkom Edi Witjara dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa Smart Village Nusantara merupakan wujud dukungan Telkom terhadap Pemerintah dalam membangun Indonesia dari potensi di desa-desa.

"Melalui Smart Village Nusantara, Telkom hadir mendukung pengembangan ekosistem desa digital demi ekonomi desa yang berkelanjutan. Diharapkan ke depannya masyarakat di desa memiliki adopsi digital yang semakin baik dan akrab dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung berbagai aktivitasnya," ujar Edi.

Telkom bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meramu pengembangan dan penerapan smart village melalui optimalisasi infrastruktur jaringan dan solusi ICT, yang dikenal dengan nama Smart Village Nusantara.

Desa Kemuning di Jawa Tengah dan Desa Pangandaran di Jawa Barat menjadi desa percontohan pengembangan Smart Village Nusantara.

Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi mengapresiasi langkah Telkom dalam menginisiasi pengembangan desa melalui program Smart Village Nusantara.

"Desa adalah masa depan Indonesia. Tiga sektor utama Indonesia yang tidak terkalahkan dari negara lain, yakni pertanian, perikanan, dan pariwisata," katanya.

Tentunya, lanjut dia, desa yang memiliki ketiga keunggulan tersebut harus dimaksimalkan, dibangun dan dibesarkan bersama.

"Semoga Desa Kemuning ini menjadi contoh bagi desa-desa di seluruh Indonesia," ujar Budi Arie Setiadi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan agar melalui Telkom, entrepreneurship warga desa dapat terus didorong melalui kompetisi dan kolaborasi sehingga desa dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko turut mengapresiasi lahirnya Smart Village Nusantara.

"Pemerintah menempatkan desa digital sebagai program prioritas nasional. Dengan Smart Village Nusantara ini, dari sisi eksternal, desa akan membuka jendela dunia dan dikenal," katanya.

Dari sisi internal, lanjut dia, dengan digitalisasi desa ini akan mempermudah administrasi pemerintah dan peningkatan ekonomi desa.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020