Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terus mendorong seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk merealisasikan penyerapan anggaran belanja daerah sebagai salah satu solusi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

"Penyerapan belanja daerah harus segera direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini dapat mencapai angka positif, Insya Allah. Saya meyakini DPD kiranya dapat memainkan peran penting dalam mendorong daerah," kata Ma'ruf Amin pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DPD RI secara virtual dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: HUT DPD, Wapres tegaskan pemekaran daerah masih moratorium

Wapres mengingatkan kembali arahan Presiden Joko Widodo terkait pentingnya penyerapan anggaran agar pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun ini dapat mengejar ketertinggalan yang terjadi sebagai dampak dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Menggarisbawahi arahan Presiden pada pertemuan secara virtual dengan kepala daerah pada awal September 2020, bahwa belanja negara atau daerah merupakan salah satu solusi pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Sementara itu, terkait penerapan protokol kesehatan di masa pandemi, Ma'ruf Amin juga meminta DPD memainkan perannya untuk menggalakkan kampanye disiplin protokol COVID-19 kepada masyarakat.

Baca juga: Wapres hadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Ma'ruf menilai masyarakat di daerah akan lebih mudah menerima imbauan dari para tokoh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Peran DPD yang melekat dengan masyarakat di daerah sangatlah strategis dalam upaya pencegahan penularan COVID-19, sehingga kehidupan sosial dan ekonomi dapat segera pulih kembali," katanya.

Meskipun pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir dan angka penularan terus meningkat, Ma'ruf mengatakan tingkat kesembuhan juga bertambah cukup signifikan.

Baca juga: Wapres: Pemda harus penuhi hak masyarakat atas informasi COVID-19

"Oleh karena itu, peran serta dan dukungan seluruh pemangku kepentingan di daerah, khususnya dari masyarakat, menjadi sangat penting diterapkan sejalan dengan berbagai kebijakan dari pemerintah," Wapres.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020