TNI kirim personel untuk tambahan tenaga medis di RSD Wisma Atlet

TNI kirim personel untuk tambahan tenaga medis di RSD Wisma Atlet

Para personel Yonkes 1/Kostrad saat tiba di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, DKI Jakarta. (ANTARA/HO-Yonkes 1/Kostrad)

Sukaraja, Bogor (ANTARA) - TNI melalui Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1/Kostrad mengirimkan 25 personel untuk tambahan tenaga medis di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Jakarta demi penanganan vorus corona COVID-19.

"25 anggota itu akan disebar sesuai tugas fungsinya masing-masing, baik dari IGD (instalasi gawat darurat), perawatan, decon, laboratorium, farmasi, limbah medik, elektromedik hingga administrasi," ungkap Perwira Seksi Operasi Yonkes 1/Kostrad, Kapten Ckm Dwi Susanto saat dihubungi, Selasa.

Menurutnya, para personel diberangkatkan dari markasnya yang berlokasi di Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, kemudian, tergabung dalam gelombang delapan yang kemudian disebar sesuai fungsi personel.

Meski fungsinya dibagi ke beberapa bagian, Dwi meyakini bahwa setiap personel sudah terlatih di bidang kesehatan. Pasalnya, Yonkes 1/Kostrad telah memberikan pembekalan sebelum para anggotanya diberangkatkan ke RSD Wisma Atlet.

Baca juga: Pasien COVID-19 Tower 6 dan 7 Wisma Atlet berkurang 105 orang

Baca juga: 15.441 pasien RSD Wisma Atlet sembuh COVID-19


"Nanti akan dilakukan rotasi juga setiap bulannya. Kami sudah bekali mereka dengan beberapa pelatihan, sehingga saat pelaksanaan tugasnya mereka sudah siap sesuai dengan kualifikasinya," kata Dwi.

Di samping itu, ia berpesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, sehingga tidak membutuhkan penanganan rumah sakit lantaran mengidap penyakit.

"Saya juga meminta kepada masyarakat agar patuhi protokol kesehatan, demi mencegah pasien COVID-19 bertambah banyak. Tapi, kami akan bantu dalam hal kemanusiaan sesuai dengan tugas kami, baik di penanggulangan bencana dan yang lainnya juga," tuturnya.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di tower 6 dan 7 Wisma Atlet bertambah 58 orang

Baca juga: Pasien pengguna flat isolasi mandiri RSD Wisma Atlet berkurang 109
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020