Jakarta (ANTARA) - Pierre-Emerick Aubameyang mengakui keinginan untuk meninggalkan Arsenal sempat tebersit di benaknya sebelum akhirnya memperpanjang kontrak setelah performa klub itu terbangkitkan berkat kedatangan manajer Mikel Arteta.

Bahkan, Aubameyang mengaku Arteta sempat meyakinkan dirinya bisa meninggalkan jejak gemilang di Arsenal jika berkenan untuk bertahan memperpanjang kontrak di Emirates.

"Ada dua hal yang meyakinkan saya untuk bertahan. Pertama Mikel Arteta, sebab sejak tiba ia membawa banyak aspek positif dan filosofi baru bagi kami," kata Aubameyang sebagaimana dilansir dari Sky Sports Jumat dini hari WIB.

"Saya pikir itu sangat penting sebab menyamai motivasi saya dan membuat yakin dengannya saya bisa berkembang. Lantas saya pikir ini juga penting, perhatian yang saya terima dari para penggemar dan semua orang di klub ini," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Arteta tak mau dianggap berjasa atas keputusan Aubameyang bertahan

Arteta memang memberi dampak instan kepada Arsenal sejak ditunjuk menggantikan Unai Emery dengan membawa The Gunners menjuarai Piala FA sekaligus memesan satu tempat di Liga Europa 2020/21.

Pelatih asal Spanyol itu juga mengakui ia berniat untuk membangun skuat Arsenal dengan menempatkan Aubameyang sebagai pilar utama tim.

Kendati demikian, Arteta awal bulan lalu sempat khawatir akan kehilangan Aubameyang yang jadi buruan banyak klub top Eropa di tengah masa kontraknya yang sempat menyisakan semusim saja.

Baca juga: Aubameyang beberkan cara Arteta membujuknya untuk bertahan di Arsenal

"Sejujurnya saya memang sempat terpikir untuk itu, sebab memang ada banyak kesempatan bagus lain," kata Aubameyang.

"Tapi Arteta bilang, 'tentu kamu bisa pergi dan mencari trofi di klub besar lain, tapi saya pikir kamu bisa meninggalkan jejak bersejarah di klub ini'," pungkasnya.

Musim ini Aubameyang sudah mencetak satu gol dan mengirim satu assist membantu Arsenal melanjutkan start positif dengan dua kemenangan beruntun demi menempati posisi ketiga klasemen sementara.

Baca juga: Nketiah jadi "supersub" antar Arsenal atasi West Ham
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Leicester ambil alih posisi puncak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020