Hidup sulit di bawah sanksi, tetapi lebih sulit tanpa kemerdekaan
Ankara (ANTARA) - Amerika Serikat (AS) tidak dapat "memaksakan negosiasi atau perang" terhadap Iran, kata Presiden Hassan Rouhani kepada Majelis Umum PBB melalui tautan video, karena pandemi virus corona.

Mengesampingkan kemungkinan mencairnya hubungan Iran-AS, Rouhani dalam pidatonya yang direkam sebelumnya mengatakan pemerintah AS di masa depan akan "pada akhirnya menyerah di hadapan ketahanan" rakyat Iran.

“Tidak ada pemerintahan dalam sejarah yang telah membatalkan negosiasi internasional selama 13 tahun tanpa alasan dan tidak menghormati resolusi PBB,” kata Rouhani, Selasa, merujuk pada keputusan Presiden Donald Trump untuk secara sepihak menarik AS dari kesepakatan nuklir 2015, Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) .

Baca juga: AS berencana paksakan sanksi PBB terhadap Iran
Baca juga: AS akan gugat yurisdiksi Mahkamah Internasional terkait sanksi Iran


"Hidup sulit di bawah sanksi, tetapi lebih sulit tanpa kemerdekaan," kata Rouhani, mengesampingkan kemungkinan "negosiasi" sampai AS kembali ke kesepakatan 2015.

Sidang Umum PBB ke-75 diselenggarakan di tengah ketegangan yang meningkat antara Iran dan AS, setelah AS secara sepihak bergerak untuk mengembalikan semua sanksi PBB terhadap Iran, meskipun anggota Dewan Keamanan PBB lainnya menentang langkah tersebut.

Sebelumnya pada hari itu, dalam pidatonya, Trump mengulangi pembenarannya untuk meninggalkan JCPOA dan mengklaim kesepakatan itu "mengerikan."


Iran telah berkembang

Rouhani, dalam sambutannya, menyebut kesepakatan itu sebagai "salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah diplomasi global" dan mengatakan negaranya tetap "setia" padanya.

"Mereka secara keliru menuduh kami dan menjatuhkan sanksi, tanpa dasar apa pun, dengan dalih proliferasi nuklir," kata Rouhani, merujuk pada klaim bahwa Iran sedang berusaha untuk membangun bom atom.

Klaim Trump saat meninggalkan kesepakatan bahwa Iran telah melanggar, umumnya mendapat tanggapan yang dingin.

Mengecilkan dampak sanksi AS terhadap negaranya, Rouhani mengatakan Iran telah menolak kampanye "tekanan maksimum" Amerika dan "berkembang dan maju" sebagai "poros perdamaian dan stabilitas."

Rouhani, yang masa jabatannya berakhir tahun depan, telah berjuang untuk menangani masalah ekonomi domestik, dengan lonjakan baru dalam kasus COVID-19, meningkatnya inflasi, dan mata uang yang jatuh.

Dia berusaha menangkis kritik dengan menyalahkan sanksi AS atas masalah ekonomi dan perjuangan untuk menahan penyebaran virus.

Rouhani mengatakan "era dominasi dan hegemoni" telah berakhir dan inilah saatnya untuk "melawan penindasan," dalam serangan terselubung terhadap pemerintahan Trump.

“Anak-anak kita pantas mendapatkan yang lebih baik. Sekaranglah waktunya untuk pilihan yang tepat," tutur dia.


Pertikaian baru?

Ada spekulasi bahwa pemerintahan Trump sedang mencari konfrontasi dengan Iran untuk meningkatkan peluangnya terpilih kembali pada November.

Ada juga laporan bahwa saingannya dari Partai Demokrat Joe Biden mungkin berusaha untuk menghidupkan kembali kesepakatan tersebut, yang difasilitasi oleh rekannya dari Partai Demokrat, Barack Obama pada 2015.

Namun, di Iran, pendapat mengenai negosiasi ulang kesepakatan itu terbelah.

Ketegangan antara kedua belah pihak telah meningkat baru-baru ini, terutama setelah Dewan Keamanan PBB menolak permintaan AS untuk memperpanjang embargo senjata PBB terhadap Iran, yang berakhir pada Oktober setelah lebih dari satu dekade.

Sementara AS telah bergerak sendiri untuk memicu pemulihan semua sanksi PBB terhadap Iran, termasuk larangan senjata, Iran telah menolak langkah tersebut dan menunjukkan kesiapan untuk melanjutkan perdagangan senjata pada Oktober.

Para ahli yakin masalah perdagangan senjata dapat mendorong kedua belah pihak ke jurang konfrontasi menjelang pemilihan umum AS 3 November mendatang.

Pernyataan dari pejabat tinggi politik dan militer Iran dalam beberapa pekan terakhir menyiratkan bahwa Iran siap untuk segala kemungkinan, termasuk perang jangka pendek.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Arab Saudi : kesepakatan nuklir dengan Iran harus jaga non-proliferasi
Baca juga: Menlu Iran: Dunia harus menentang sanksi AS

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020