Washington (ANTARA) - Amerika Serikat mencatat rekor satu  juta lebih tes harian COVID-19 , namun negara tersebut membutuhkan enam sampai 10 juta tes per hari untuk mengendalikan wabah tersebut, menurut para ahli.

AS pada Sabtu (19/9) menguji 1.061.411 spesimen, menurut data Proyek Penelusuran COVID, upaya yang dijalankan relawan untuk melacak wabah.

Rekor itu muncul setelah jumlah tes dalam beberapa pekan menurun.

Sampai 13 September, AS menguji rata-rata 650.000 orang per hari, berkurang dari puncaknya 800.000 orang lebih per hari pada akhir Juli.

Semenjak pandemi mengguncang, krisis tes COVID-19 mengacaukan upaya untuk menekan penyebaran virus corona.

Satu hari selama musim panas, warga Houston mengantre di dalam mobil dan menunggu berjam-jam demi melakukan tes COVID-19, bahkan sampai menginap di dalam mobil. Pemandangan serupa juga terlihat di Miami.

Usai menjalani tes, warga mungkin harus menunggu hingga dua pekan untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi virus corona, yang di AS menjatuhkan hampir 200.000 korban jiwa serta menginfeksi lebih dari 6,7 juta orang. Durasi yang lama tersebut mengagalkan upaya pencegahan virus lebih lanjut.

Pada Maret, Presiden Donald Trump mengatakan "siapa pun yang ingin melakukan tes, lakukanlah." Namun, rencana itu pun hingga kini belum terwujudkan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) mengizinkan penggunaan darurat sejumlah tes air liur, yang tidak mengharuskan tes usap dan menggunakan reaktan yang sudah ada.

AS juga memberi lampu hijau untuk pooling test, sebuah metode yang menguji sampel sejumlah orang secara bersamaan dan mampu meningkatkan kapasitas pengujian.

Namun, pooling test hanya lebih efisien di area dengan wabah terbatas. Pada pertengahan September, 27 dari 50 negara bagian memiliki tingkat hasil tes positif di atas lima persen, menurut analisis Reuters, termasuk di South Dakota dengan 17 persen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai tingkat hasil tes positif di atas lima persen sebagai keadaan yang mengkhawatirkan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Penutupan perbatasan AS-Kanada diperpanjang sampai 21 Oktober

Baca juga: Trump: AS distribusikan 100 juta dosis vaksin corona Desember

Baca juga: Trump berharap April semua warga Amerika mendapat vaksin COVID-19


 

Indonesia terima kiriman 100 ventilator dari AS

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020